Skripsi BK

Monday, March 12, 2012

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR
 DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA


ABSTRAK
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, korelasi antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa, dan antara perhatian orang tua dan minat belajar  dengan prestasi belajar siswa, dan sumbangan efektif antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005 sebanyak 150 siswa dan diambil sebagai sampel sebanyak 38 siswa. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah proporsional random sampling dengan sistem undian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket tertutup untuk masing-masing variabel. Dalam pengujian hipotesis pertama dan kedua digunakan analisis regresi ganda. Kriteria penolakan  dan penerimaan uji hipotesis menggunakan taraf signifikan  5 %.
Berdasarkan hasil penelitian, ternyata hipotesis yang diajukan dapat diterima. Terdapat hubungan yang positip dan signifikan antara perhatian orang tua, prestasi belajar siswa, ada hubungan yang positip antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Dan ada hubungan yang positip antara perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa  kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004/2005. Dengan koefisien determinannya ( R2 ) = 0,381 Perhatian orang tua berada pada kategori sedang dengan prosentase 78,9 %, minat belajar pada kategori tinggi  dengan prosentase 92,1 %, dan prestasi belajar siswa berada pada kategori sedang dengan prosentase 63,1 %. Adapun sumbangan efektif yang diberikan secara keseluruhan, oleh variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 102,6%.


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Keluarga mempunyai peranan dan tanggungjawab utama atas perawatan dan perlindungan anak sejak bayi hingga remaja. Pengenalan anak kepada kebudayaan, pendidikan, nilai dan norma-norma kehidupan bermasyarakat dimulai dalam lingkungan keluarga.
Untuk perkembangan kepribadian anak-anak yang sempurna dan serasi, mereka harus tumbuh dalam lingkungan keluarga dalam suatu iklim kebahagiaan, penuh kasih sayang dan pengertian.
Menurut Siti Partini ( 1977 : 11 )
Keluarga adalah sekelompok manusia yang terdiri atas suami, istri, anak-anak ( bila ada ) yang terikat atau didahului dengan perkawinan.

Keluarga Merupakan lembaga sosial yang paling kecil, yang terdiri atas ayah, ibu dan anak. Dari beberapa fungsi keluarga salah satunya adalah memberikan pendidikan yang terbaik yakni pendidikan yang mencakup pengembangan potensi-potensi yang dimiliki oleh anak-anak, yaitu : Potensi fisik, potensi nalar, dan potensi nurani / qalbu (Muhammad Tholchah Hasan 1990 : 39).
Dengan pendidikan yang utuh tersebut akan mengembangkan kualitas kepribadian anak dan mampu mengaktualisasikan potensi-potensi dirinya secara menyeluruh. Dan kualitas sumberdaya manusia ( SDM ) yang demikian sebenarnya yang dibutuhkan sekarang dan masa datang, yakni kualitas sumberdaya manusia yang meliputi  ; kreatifitas yang kuat, produktifitas yang tinggi, kepribadian yang tangguh, kesadaran sosial  yang besar, keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa ( Muhammad Tholchah Hasan 1990 : 43 ).
Siswa Sekolah Menengah Atas ( SMA ) sebagai salah satu unsur sumberdaya manusia yang potensial sangat diperlukan dalam rangka mencapai kemajuan bangsa, “Di Indonesia, pendidikan diarahkan pada pembentukan manusia Indonesia seutuhnya sebagai warga Negara yang pancasila “.
Pada dasarnya, proses pendidikan dapat terjadi dalam banyak situasi sosial yang menjadi ruang lingkup kehidupan manusia. Secara garis besar proses pendidikan dapat terjadi dalam tiga lingkungan pendidikan yang terkenal dengan sebutan : Tri Logi Pendidikan, yaitu Pendidikan di dalam Keluarga ( Pendidikan Informal ), Pendidikan di dalam Sekolah ( Pendidikan Formal ), dan Pendidikan di dalam Masyarakat ( Pendidikan Non Formal ).
Pendidikan di dalam keluarga merupakan pendidikan kodrati. Apalagi setelah anak lahir, pengenalan diantara orang tua dan anak-anaknya yang diliputi rasa cinta kasih, ketentraman dan kedamaian. Anak-anak akan berkembang kearah kedewasaan dengan wajar di dalam lingkungan keluarga segala sikap dan tingkah laku kedua orang tuanya sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak, karena ayah dan ibu merupakan pendidik dalam kehidupan yang nyata dan pertama sehingga sikap dan tingkah laku orang tua akan diamati oleh anak baik disengaja maupun tidak disengaja sebagai pengalaman bagi anak yang akan mempengaruhi pendidikan selanjutnya.
Maka, keluarga yang baik di dalamnya akan terjadi interaksi diantara para anggotanya. Sebagaimana dikemukakan oleh St. Vembriarto ( 1978 : 35 ) :
Bahwa proses sosialisasi adalah proses belajar yaitu suatu proses akomodasi dengan mana individu memohon, menahan, mengubah impuls-impuls dalam dirinya dan mengambil oper cara hidup atau kebudayaan masyarakat.

Komunikasi, istilah ini berasal dari bahasa Inggris yaitu Communication, yang berarti “memberitahukan”, berpartisipasi, kabar”. ( Poerwadarminto WJS dkk, 1980 : 28 ). Sedangkan Menurut A.G. Lunandi
Komunikasi adalah suatu kegiatan terus menerus yang dilakukan orang untuk saling berhubungan dengan orang lain, khususnya pada waktu berhadapan muka. (

Komunikasi orang tua dengan anak memegang peranan penting dalam membina hubungan keduanya, hal ini dapat dilihat dengan nyata, misalnya : membimbing, membantu mengarahkan, menyayangi, menasehati, mengecam, mengomando, mendikte, dan lain sebagainya.
Orang tua yang kurang bisa berkomunikasi dengan anaknya akan menimbulkan kerenggangan atau konflik hubungan, sebaliknya orang tua yang dapat menerima anaknya sebagaimana adanya, maka si anak cenderung dapat tumbuh, berkembang, membuat perubahan-perubahan yang membangun, belajar memecahkan masalah-masalah, dan secara psikologis semakin sehat, semakin produktif, kreatif dan mampu mengaktualisasikan potensi sepenuhnya.
Sesuai dengan judul penelitian penulis, dalam pembahasan berikutnya penulis akan memusatkan diri pada pembahasan tentang pendidikan di dalam sekolah atau pendidikan Formal.
Pendidikan di sekolah merupakan kelanjutan dari pendidikan dalam keluarga. Sedangkan menurut Winkel (1983 :   ) Pendidikan di sekolah diartikan : “Proses Kegiatan terencana dan terorganisir, yang terdiri atas kegiatan mengajar dan belajar”.
Pendidikan di sekolah merupakan intesifikasi dan modifikasi dasar-dasar Kepribadian dan pola-pola sikap anak yang dipelajarinya di rumah. Artinya memperkuat dasar-dasar dan pola-pola sikap anak yang positif dan mengubah dasar-dasar kepribadian dan pola-pola sikap anak yang negatip yang dipelajari dilua sekolah.
Tugas pokok SMP dan SMA adalah mendidik dalam arti luas. Sedangkan fungsi pokok SMP dan SMA adalah dalam arti mengajar, melatih dan mendidik dalam arti sempit.
Mendidik dalam arti luas yang merupakan tugas pokok sekolah adalah dalam rangka menciptakan kesempatan yang seluas-luas bagi siswa untuk mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sesuai dengan potensi dan lingkungannya disamping memberikan latihan mengenai : akhlak, dan kecerdasan seseorang.
Disamping tugas pokok sekolah tersebut diatas, maka dapat dijelaskan pula tentang tujuan institusional SMA sebagai lembaga pendidikan formal tingkat atas, sesuai dengan fungsi SMA dalam rangka keseluruhan pendidikan, yaitu :
1.      Menjadikan para siswa untuk menjadi manusia Indonesia seutuhnya, sebagai warga negara yang Pancasila
2.      Memberikan bekal kemampuan yang diperlukan bagi siswa-siswa yang akan melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi.
3.      Memberikan bekal kemampuan bagi siswa yang akan terjun ke dunia kerja setelah menyelesaikan pendidikannya di SMA. ( Depdikbud, 1984 : 7 )

Pencapaian tujuan institusional SMA sesuai dengan fungsinya dalam rangka keseluruhan proses pendidika pada khususnya dala salah satu tugas sekolah sebagai lembaga pendidikan formal pada umumnya tidaklah mudah.
Disepanjang tahun, khususnya pada tahun ajaran baru, mutu pendidikan yang berkaitan dengan pencapaian tujuan pendidikan secara umum disegala jenjang pendidikan formal, termasuk SMA sering dipermasalahkan.Permasalahan ini seringkali dikaitankan dengan adanya kecenderungan merosotnya minat belajar dan prestasi belajar yang dicapai siswa.
Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siwa tentunya beraneka ragam, tetapi secara garis besar ada dua faktor yaitu “Faktor-faktor pada pihak siswa dan Faktor-faktor diluar siswa” ( Winkel :          )
Menurut Crow and Crow yang dikutip oleh Johny Killis ( 1988 : 26 ) Ada tiga factor yang menimbulkan minat yaitu : Faktor yang ditimbulkan dari dalam diri sendiri, faktor motif sosial dan faktor emosional yang ketiganya mendorong timbulnya minat.
Pendapat tersebut sejalan yang dikemukakan Sudarsono, Faktof-faktor yang meimbulkan minat dapat digolongkan sebagai berikut ;
1).    Faktor kebutuhan dari dalam
      Kebutuhan ini dapat berupa kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani dan kejiwaan.
2).    Faktor motif sosial
      Timbulnya minat dalam diri seseorang dapat didorong oleh motif sosial yaitu kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, penghargaan dari lingkungan dimana ia berada
3).    Faktor emosional
      Faktor yang merupakan ukuran intensitas seseorang dalam menaruh perhatian terdapat suatu kegiatan / objek tertentu ( 1980 : 12 )

Jadi berdasarkan dua pendaat diatas faktor yang meimbulkan minat, dalam hal ini minat untuk belajar ada tiga yaitu ; dorongaan dari diri individu, dorongan sosial dan dorongan emosional. Timbulnya minat untuk belajar pada individu berasal dari dalam diri individu, kemudian individu mengadakan interaksi dengan lingkungan yang menimbulkan dorongan sosial dan dorongan emosional, juga adanya pengaruh perhatian orang tua.
Karena hasil belajar yang baik dipengaruhi oleh minat dalam belajr, perhatian orang tua, maka keduanya menjadi perlu untuk dibahas dan diteliti. Hal ini dikemukakan oleh Dakir :
Perhatian adalah keaktifan peningkatan kesadaran seluruh fungsi jiwa yang dikerahkan dalam pemusatannya kepada barang sesuatu, baik yang didalam maupun yang ada diluar ( 1993 : 114 )

Dengan demikian seseorang yang mempunyai perhatian dan hubungan yang baik ( bukan broken home ), cenderung mempunyai kesanggupan yang lebih besar untuk menyesuaikan diri dengan lingkungannya, memecahkan problem-problem yang dihadapi secara cepat dan tepat, termasuk problem-peoblem dalam rangka meraih prestasi yang optimal.
Uraian tersebut diatas mendorong penulis untuk mengadakan penelitian tentang Pengaruh Perhatian Orang tua dan Minat belajar dengan Prestasi Belajar siswa dalam bentuk Karangan Ilmiah dengan :
1.      Tema                        :  Prestasi Belajar
2.      Aspek Masalah         :  Pengaruh Perhatian Orang Tua, minat
3.      Judul                        :  Pengaruh Perhatian Orang tua dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa
                                          ( Penelitian yang dikhususkan pada Prestasi Belajar pilihan program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004 / 2005 )
B.     Identifikasi Masalah
Alasan-alasan yang mendorong penulis untuk memilih judul penelitian diatas maka dapat diidentifikasikan permasalahan sebagai berikut :
1.      Adanya kecenderungan menurunnya prestasi belajar yang dicapai siswa-siswa di segala jenjang pendidikan formal yang ada di Indonesia termasuk SMA sehingga perlu mendapatkan perhatian dan penanganannya.
2.      Salah satu penanganannya adalah perlunya mencari latar belakang masalah tersebut.
3.      Salah satu indicator yang menyebabkan prestasi belajar siswa menurun adalah pengaruh perhatian orang tua, yang kurang baik.
4.      Disisi lain diagnosa minat belajar didalam dunia pendidikan dirasa cukup penting dan perlu untuk dibahas dan diteliti. Karena Minat Belajar mempunyai hubungan yang cukup tinggi dengan hasil prestasi belajar siswa.
5.      Bahwa hasil prestasi belajar siswa dalam suatu lembaga pendidikan formal merupakan hal yang sangat pokok untuk diperhatikan, karena dengan mengetahui prestasi belajar siswa kita akan mengetahui pula efektifitas proses belajar dan mengajar yang berlangsung di sekolah.

C.    Batasan Masalah
Untuk memperjelas pengertian yang terkadang dalam Judul penelitian diatas, maka akan penulis kemukakan arti daripada judul penelitian tersebut, dengan maksud memberi gambaran secara jelas dan tidak terjadi salah tafsir terhadapjudul penelitian tersebut. Adapun penjelasan judul yang dimaksud adalah sebagai berikut :
1.      Pengaruh, yang dimaksud disini mempunyai arti yang sama dengan “Hubungan atau Korelasi” ( Sutrisno Hadi, 1977 : 20 ). Pengaruh disini diartikan mempunyai hubungan yang timbal balik antara dua variabel atau lebih. Sedangkan yang dimaksud hubungan timbal balik adalah hubungan dimana satu variabel dapat menjadi sebab akibat dari variabel lainnya.
2.      Perhatian
Menurut Dakir ( 1993 : 114 ) : “Perhatian adalah Keaktifan peningkatan kesadaran seluruh fungsi jiwa yang dikerahkan dalam pemusatannya kepada barang sesuatu, baik yang di dalam maupun yang ada di luar.
Sedangkan yang dimaksud dengan perhatian dalam penelitian ini adalah Kecenderungan atau Keaktifan perhatian orang tua yang dikerahkan, untuk memberikan motivasi atau dorongan yang positif terhadap anaknya dalam usaha mencapai prestasi belajar yang optimal
3.      Minat Belajar
Minat adalah Kecenderungan dalam diri individu untuk tertarik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu objek (  Sumadi Suryabrata, 1988 : 109 )
Sedangkan pengertian Belajar adalah proses mental yang mengarah kepada penguasaan pengetahuan, kecakapan, skill, kebiasaan atau sukap yang semuanya diperoleh, disimpan, dan dilaksanakan sehingga menimbulkan tingkah laku yang progresif dan adaptif ( Winkel, 1983 : 92 )
Sedangkan yang penulis maksudkan dengan minat Belajar disini, adalah suatu kemampuan umum yang dimiliki siswa untuk mencapai prestasi yang optimal yang dapat ditunjukkan dengan kegiatan belajar.
4.      Prestasi Belajar
Prestasi Belajar adalah penilaian hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbol, angka, huruf, maupun kalimat yang dapatmencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu ( Sutartinah Tirtonegoro, 1984 : 14 )
Sedangkan yang penulis maksudkan dengan prestasi belajar disini adalah hasil dari pengukuran serta penilaian hasil usaha belajar siswa dalam satu semester untuk semua bidang studi kelompok pilihan program. Indikasi hasil belajar yang akan digunakan adalah angka hasil tes prestasi belajar semester genap tahun pelajaran 2004/2005.
Anak judul yang berbunyi Penelitian yang dikhususkan pada Prestasi belajar pilihan program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabuaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005 mempunyai maksud bahwa penelitian tentang pengaruh perhatian orang tuan dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa dikhususkan pada siswa SMA PGRI 2 Kajen yang duduk di kelas II pilihan program Ilmu Pengetahuan Alam, untuk mendalam mata pelajaran Fisika, Biologi, Kimia dan Matematika sebagai pilihan progran yang diambil.

D.    Rumusan Masalah
Dalam latar belakang telah dijelaskan tentang pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Dari masalah-masalah yang ada dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut :
1.      Apakah ada hubungan antara pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa
2.      Apakah benar ada hubungan antara pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa
3.      Apakah benar ada hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa.
E.     Tujuan Penelitian
Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis mempunyai tujuan yang hendak dicapai yaitu :
1.      Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa
2.      Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa
3.      Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa.

F.     Manfaat Penelitian
Manfaat yang diharapkan dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut :
1.      Manfaat Teoritis
a.       Untuk menambah perbendaharaan penelitian dalam dunia pendidikan, khususnya dalam Karya tulis ilmiah dalam rangka mengembangkan khasanah ilmiah
b.      Hasil penelitian dapat digunakan sebagai pedoman dalam mengadakan penelitian selanjutnya yang lebih mendalam
c.       Sebagai pengembang disiplin ilmu kearah berbagai spesifikasi
2.      Manfaat Praktis
a.       Bagi pengelola pendidikan menengah khususnya SMA : memberikan masukan di dalam memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa SMA untuk meningkatkan prestasi belajar.
b.      Bagi siswa-siswa SMA :
1).    Memberi pengetahuan bahwa perhatian orang tua, minat belajar sangat membantu dalam meningkatkan prestasi belajar di sekolah
2).    Memberikan pengetahuan bahwa bantuan orang tua, guru sangat mendukung dalam memperbesar minat belajar
3).    Memberikan pengetahuan bahwa besarnya perhatian orang tua,minat belajar sangat berpengaruh dalam mencapai dan meningkatkan dalam meraih prestasi belajar.
G.    Batasan Istilah
1.      Perhatian orang tua adalah suatu proses pemberian bantuan kepada individu agar dapat memilih, menyiapkan, menyesuikan dan menetapkan dirinya dalam belajar sesuai dengan keadaan dirinya.
2.      Minat Belajar adalah suatu kecenderungan yang mengandung perhatian, rasa senang, harapan dan pengalaman untuk melakukan suatu kegiatan belajar
3.      Prestasi belajar adalah hasil dari pengukuran serta penilaian hasil usaha belajar siswa dan bertujuan untuk mencapai suatu keadaan yang lebih memuaskan dari sebelumnya.
H.    Sistematika Skripsi
Untuk mempermudah pembaca dalam memahami alur penelitian skripsi ini, maka penulis sajikan sistematika skripsi berikut :
1.      Bagian Awal
Bagian awal ini meliputi : Halaman judul, halaman persetujuan, halaman pengesahan, motto, halaman persembahan, kata pengantar dan ucapan terima kasih, daftar isi, daftar tabel, daftar laporan dan abstrak
2.      Bagian Inti
Pada bagian inti ini terdiri dari lima bab, secara berturut-turut meliputi :


BAB II
LANDASAN TEORI

Dalam bab ini akan dikemukakan uraian yang berhubungan dengan dasar-dasar teori untuk menganalisa masalah-masalah yang akan diteliti yang merupakan hasil studi kepustakaan.
A.    Pengaruh Perhatian Orang Tua dan minat Belajar dengan Prestasi Belajar
1.      Tinjauan terhadap masalah pengaruh perhatian orang tua
Sebelum batasan tentang perhatian dan orang tua dikemukakan, maka perlu kiranya dibicarakan tentang makna perhatian dan orang tua itu sendiri.
Perhatian merupakan pemusatan psikis, salah satu aspek psikologis yang tertuju pada suatu objek yang datang dari dalam dam luar diri individu. Dengan perhatian dapat digunakan untuk meramalkan tingkah laku atau perbuatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Perhatian akan memberikan warna dan corak bahkan arah tingkah laku seseorang. Dengan perhatian, seseorang akan mendapatkan gambaran kemungkinan rangsangan yang akan timbul sebagai respon terhadap masalah atau keadaan yang dihadapkan kepadanya.
a.       Pengertian Perhatian
Tidak mudah bagi kita untuk merumuskan pengertian perhatian. Ketidakmudahan itu disebabkan antara lain oleh beberapa hal yaitu penggunaan perhatian yang kurang tepat oleh masyarakat. Seringkali orang menyamakan perhatian dengan motif, motivasi maupun empati.
Perhatian berbeda dari simpati, empati dan komunikasi walaupun ketiganya berhubungan erat dalam pemusatan tenaga seseorang. Menurut Dakir ( 1993 : 114 ) ”Perhatian adalah keaktifan peningkatan kesadaran seluruh fungsi jiwa yang dikerahkan dalam pemusatannya kepada barang sesuatu baik yang ada di dalam maupun yang ada di luar individu sedangkan pendapat senada dikemukakan oleh Slameto ( 1995 : 105)
Perhatian adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungan nya dengan pemilihan rangsangan yang datang dari lingkungannya.

      Dari beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa perhatian adalah pemusatan tenaga psikis yang tertuju pada suatu objek yang datang dari dalam dan dari luar individu.
b.      Pengertian orang tua
Dalam Kamus besar bahasa Indonesia ( 1995 : 706 ) disebutkan bahwa yang dimaksud dengan orang tua adalah orang yang dihormati di kampung, tetua. Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian orang tua dalam penelitian ini adalah ayah dan ibu dari anak ( jika anak itu tinggal bersama ayah dan ibu ) atau orang lain yang bertanggung jawab atas pendidikan anak tersebut / wali siswa / orang tua asuh atau jika anak tersebut tinggal bersama wali.
Berdasarkan uraian tersebut di atas dapatlah diambil kesimpulan bahwa perhatian orang tua adalah pemusatan energi psikis yang tertuju pada suatu abjek yang dilakukan oleh ayah dan ibu atau wali terhadap anaknya dalam suatu aktivitas.
c.       Macam-macam Perhatian Orang Tua
Menurut Tim Penulis FIP – IKIP Yogyakarta ( 1993 : 13 ) disebutkan adanya macam-macam perhatian dapat ditinjau dari beberapa sudut pandang yang pada prinsipnya meliputi :
1).    Macam-macam perhatian orang tua menurut cara kerjanya, dibedakan menjadi :
a).    Perhatian spontan, yaitu perhatian yang tidak disengaja atau tidak sekehendak subjek.
b).    Perhatian refleksi, yaitu perhatian yang disengaja atau sekehendak subjek.
2).    Macam-macam perhatian orang tua menurut intensitasnya, dibedakan menjadi :
a).    Perhatian intensif, yaitu perhatian yang banyak menyertakan aspek kesadarannya.
b).    Perhatian tidak intensif, yaitu perhatian yang tidak banyak menyertakan aspek kesadaran.
3).    Macam-macam perhatian orang tua menurut luasnya, dibedakan menjadi :
a).    Perhatian Terpusat, yaitu perhatian yang tertuju pada lingkup objek yang sangat terbatas, perhatian ini sering disebut dengan perhatian Konsentratif.
b).    Perhatian Terpencar, yaitu perhatian yang tertuju kepada macam-macam objek.
Sedangkan menurut Patty, dkk ( 1982 : 95 ) membedakan perhatian menjadi tiga yaitu :
(1).       Perhatian spontan dan perhatian paksaan, bila kita senang terhadap suatu perhatian kita tercurah secara spontan. Sebaliknya apabila kita tidak senang kepada sesuatu, kita harus memaksakan perhatian kepadanya.
(2).       Perhatian Konsentratif dan perhatian distributif, bila kita memusatkan perhatian kepada satu hal saja, maka kita  menggunakan perhatian konsentratif. Dan manakala kita memperhatikan beberapa hal maka kita menamakan perhatian tersebut distributif.
(3).       Perhatian sembarangan ( random attention ) yaitu perhatian  semacam ini tidak tepat, berpindah-pindah dari objek yang satu kepada yang lain dan tidak tahan lama.

Berdasarkan pendapat di atas, maka dapat disimpulkan bahwa macam-macam perhatian dapat dibedakan berdasarkan objek tertentu yang disertai aktivitas. Dalam penelitian ini perhatian orang tua terhadap anak disimpulkan sebagai pemusatan tenaga psikis yang tertuju pada suatu objek yang dilakukan oleh orang tua ( ayah, ibu atau wali ) yang berupa : perhatian spontan, perhatian refleksi, perhatian intensif, perhatian terpusat dan perhatian terpencar.

d.      Faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua
Perhatian tidak selamanya dapat diarahkan dengan baik. Hal ini dikarenakan bahwa perhatian dipengaruhi oleh beberapa faktor. Menurut Dakir ( 1995 : 114 ) dikemukakan :
1).    Ditinjau dari hal-hal yang bersifat objektif, yaitu rangsangan yang kuat mendapatkan perhatian, kualitas rangsangan mempengaruhi perhatian, objek yang besar menarik perhatian, begitu pula rangsangan dapat menarik perhatian
2).    Ditinjau dari hal-hal yang secara subjektif, yaitu hal-hal yang bersangkut paut dengan pribadi subjek, misalnya : beberapa rangsangan yang sesuai dengan bakatnya lebih menarik perhatian daripada hal yang lain.
Selanjutnya Patty, dkk ( 1982 : 96 ) berpendapat bahwa hal-hal yang mempengaruhi perhatian ada dua faktor yaitu faktor objektif dan faktor subjektif.
      Yang termasuk faktor objektif, adalah :
a).          Perangsang yang berubah-ubah menarik perhatian
b).          Perangsang yang luar biasa
c).          Perangsang yang tiba-tiba
d).         Benda-benda yang mempunyai bentuk tertentu
e).          Benda-benda yang berhubungan dengan kebutuhan dasar.


Sedangkan faktor subjektif, adalah :
(a).        Pekerjaan yang sedang kita laksanakan
(b).       Keinginan yang sedang kita laksanakan
(c).        Minat
(d).       Perasaan
(e).        Mode, dan
(f).        Kebiasaan
Berdasarkan pendapat di atas dapat dijabarkan bahwa faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua antara lain :
1.      Faktor Objektif yang meliputi :
a.       Rangsangan yang kuat
Orang tua memiliki perasaan yang sangat peka terhadap anaknya. Apabila anak dirasa sedang kelihatan lain daripada keadaan biasanya, maka orang tua dengan mendapat rangsangan yang sangat kuat untuk segera memberikan perhatian kepada anak dengan tujuan dapat memberikan sesuatu yang sedang dibutuhkan. Misalnya anak nampak murung, maka orang tua segera memberikan perhatian agar anak tersebut dapat membebaskan dari kemurungan itu.
b.      Kualitas Rangsangan
Orang tua dalam memberikan perhatian kepada anak tidak bersifat terus menerus, namun dapat memilih sekiranya anak sedang sangat membutuhkan perhatian. Hal ini dapat terjadi pada saat anak sedang menghadapi ulangan misalnya. Maka orang tua memandang bahwa situasi pada saat itu sangat membutuhkan perhatian agar anak dapat belajar dengan sungguh-sungguh. Situasi sedang menghadapi ulangan adalah salah satu contoh kualitas rangsangan yang membuat orang tua memberikan perhatian.
c.       Objek yang besar atau perangsang luar biasa
Setiap orang memiliki emosi atau dorongan yang tersimpan dalam hati, hal ini dapat muncul jika ada objek yang dapat menarik perhatian secara tiba-tiba tanpa diduga sebelumnya, sehingga perhatian muncul dengan dorongan yang sangat kuat atau luar biasa. Misalnya orang tua mempunyai keinginan di dalam hati agar anaknya dapat meraih prestasi yang tinggi, jika benar-benar anak dapat mewujudkan keinginan orang tua tersebut, maka anak akan mendapatkan perhatian yang lebih besar.
d.      Rangsangan yang baru
Anak diharapkan dapat berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki. Jika dalam perkembangannya mempunyai kreatifitas menuju hal-hal yang positif, maka orang tua akan memberikan perhatian pula untuk mendukung kegiatan tersebut.
2.            Faktor Subjektif yang meliputi :
a.      Pekerjaan yang sedang dilaksanakan
Orang tua pada era sekarang cenderung sangat sibuk dengan pekerjaan. Ini diakibatkan karena keinginan orang tua dalam memenuhi kebutuhan keluarga, sehingga keluarga sering ditinggal. Anak dibiarkan diasuh oleh pembentu misalnya, Anak kurang mendapatkan perhatian dan kasih sayang, hal ini dapat berpengaruh terhadap minat belajar.
b.      Keinginan orang tua
Antara ayah dan ibu dalam mendidik anak-anaknya harus bersikap harmonis, artinya jangan memaksakan keinginannya sendiri-sendiri antara ayah dan ibu, sehingga menimbulkan konflik, yang jika tidak dapat diselesaikan dengan segera dapat mengancam keluarga dan menjadi broken home. Ini berakibat anak bingung dan berpengaruh terhadap minat belajar.
c.       Minat
Keadaan orang tua suka berlebihan atau tidak sesuai dengan minat dapat membuat orang tua kecewa, cemas dan sebagainya. Apabila tidak dapat terlaksana, hal ini akan mengganggu atau mempengaruhi perhatian orang tua terhadap minat belajar anak.
d.      Perasaan
Keadaan perasaaan orang tua sangat berpengaruh terhadap minat belajar anak. Hal ini dapat terjadi jika orang tua yang bekerja perasaan gembira akan membuat suasana rumah yang menyenangkan. Sebaliknya, orang tua yang bekerja dengan perasaan marah membuat suasana rumah menjadi kurang menyenangkan sehingga minat untuk belajarpun bagi anak berkurang / menurun.
e.       Mode
Keadaan mode sekarang berkembang sangat pesat. Orang tua yang selalu mengikuti mode akan disibukkan dengan mode-mode baru, baik mode rumah, perabot, pakaian dan sebagainya. Sehingga orang tua cenderung memikirkan mode tanpa memperhatikan anaknya, dan menjadikan minat belajar berkurang karena kurang mendapatkan perhatian orang tuanya.
f.       Kebiasaan
Kebiasaaan orang tua yang tidak baik seperti minum-minuman keras, berjudi, free sex, sangat berpengaruh terhadap minat belajar. Hal ini disebabkan keadaan orang tua yang tidak memberikan contoh kehidupan yang baik, sehingga anak kurang bergairah dalam belajar. Sebaliknya, jika orang tua melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik, seperti rajin beribadah, olahraga, membaca buku, maka akan dapat meningkatkan minat belajar.
Berdasarkan penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua, maka dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dapat dipengaruhi dua faktor yaitu faktor objektif dan subjektif.
Faktor objektif cenderung timbul karena dorongan dari dalam diri individu, sedangkan faktor subjektif cenderung timbul dari luar diri individu. Kedua faktor tersebut bagi orang tua dapat muncul dengan sendiri ataupun bersama-sama tergantung pada objek yang sedang dihadapi. Perhatian orang tua yang diberikan kepada anaknya sangat berpengaruh terhadap perkembangan anak khususnya pada minat belajar dan kegiatan-kegiatan lain yang dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap anak.
2.      Tinjauan Terhadap Masalah Minat Belajar
a.       Pengertian tentang minat,
Minat adalah kecenderungan dalam diri individu untuk tertatik pada sesuatu objek atau menyenangi sesuatu objek ( Sumadi Suryabrata, 1988 : 109 ). Menurut Crow and Crow minat adalah pendorong yang menyebabkan seseorang memberi perhatian terhadap orang, sesuatu, aktivitas-aktivitas tertentu. ( Johny Killis, 1988 : 26 )
Berdasarkan pendapat Crow and Crow dapat diambil pengertian bahwa individu yang mempunyai minat terhadap belajar, maka akan terdorong untuk memberikan perhatian terhadap Belajar tersebut.
Karateristik minat menurut Bimo Walgito :
(1).       Menimbulkan sikap positif terhadap sesuatu objek.
(2).       Adanya sesuatu yang menyenangkan yang timbul dari sesuatu objek itu.
(3).       Mengandung suatu pengharapan yang menimbulkan keinginan atau gairah untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi minatnya ( 1977 ; 4 )
Menurut pendapat diatas yang perlu diperhatikan adalah aspek terakhir yaitu unsur pengharapan menimbulkan keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang menjadi minatnya. Ahli lain mengatakan bahwa minat sebagai sesuatu hasil pengalaman yang tumbuh pada dan dianggap bernilai oleh individu adalah kekuatan yang mendorong seseorang itu untuk berbuat sesuatu ( Winarno Surachmad, 1980 : 90 )
Jadi pengalaman yang dianggap bernilai merupakan faktor yang turut membuat minat pada diri individu. Pengalaman memberikan motivasi serta kekuatan pada diri individu untuk melakukan sesuatu.
Menurut H.C. Witherington yang dikutip Suharsini Arikunto, “Minat adalah kesadaran seseorang terhadap suatu objek, suatu masalah atau situasi yang mengandung kaitan dengan dirinya.” (1983 : 100 ). Batasan ini lebih memperjelas pengertian minat tersebut dalam kaitannya dengan perhatian seseorang. Perhatian adalah pemilihan suatu perangsang dari sekian banyak perangsang yang dapat menimpa mekanisme penerimaan seseorang. Orang, masalah atau situasi tertentu adalah perangsang yang datang pada mekanisme penerima seseorang , karena pada suatu waktu tertentu hanya satu perangsang yang dapat disadari. Maka dari sekian banyak perangsang tersebut harus dipilih salah satu. Perangsang ini dipilih karena disadari bahwa ia mempunyai sangkut paut dengan seseorang itu. Kesadaran yang menyebabkan timbulnya perhatian itulah yang disebut minat. Berdasarkan pengertian dimuka maka unsur minat adalah perhatian, rasa senang, harapan dan pengalaman.


b.      Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Timbulnya Minat
Menurut Crow and Crow, ada tiga faktor yang menimbulkan minat yaitu “Faktor yang timbul dari dalam diri individu, faktor motif sosial dan faktor emosional yang ketiganya mendorong timbulnya minat”, (Johny Killis, 1988 : 26 ). Pendapat tersebut sejalan dengan yang dikemukakan Sudarsono, faktor-faktor yang menimbulkan minat dapat digolongkan sebagai berikut :
(1).       Faktor kebutuhan dari dalam. Kebutuhan ini dapat berupa kebutuhan yang berhubungan dengan jasmani dan kejiwaan.
(2).       Faktor motif sosial, Timbulnya minat dalam diri seseorang dapat didorong oleh motif sosial yaitu kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan, perhargaan dari lingkungan dimana ia berada.
(3).       Faktor emosional. Faktor ini merupakan ukuran intensitas seseorang dalam menaruh perhatian terhadap sesuat kegiatan atau objek tertentu ( 1980 : 12 )

Jadi berdasarkan dua pendapat diatas faktor yang menimbulkan minat ada tiga yaitu dorongan dari diri individu, dorongan sosial dan motif dan dorongan emosional. Timbulnya minat pada diri individu berasal dari individu, selanjutnya individu mengadakan interaksi dengan lingkungannya yang menimbulkan dorongan sosial dan dorongan emosional.
c.       Proses Timbulnya Minat
Menurut Charles yang dikutip oleh Slamet Widodo dideskripsikan sebagai berikut : Pada awalnya sebelum terlibat di dalam suatu aktivitas, siswa mempunyai perhatian terhadap adanya perhatian, menimbulkan keinginan untuk terlibat di dalam aktivitas ( Slamet Widodo, 1989 : 72 ). Minat kemudian mulai memberikan daya tarik yang ada atau ada pengalaman yang menyenangkan denga hal-hal tersebut. Secara skematis proses terbentuknya minat dapat digambarkan sebagai berikut :
Perhatian
 
Keterlibatan
 
Minat
 
 


Gambar 1 : Proses terbentuknya minat
d.      Fungsi Minat
Crow and Crow ( 1973 : 153 ) menyatakan ”....the word interested may be used to the motivatoring force which courses and individual to give attenrion force person a thing or activity.” Pendapat disini dmaksudkan bahwa perhatian kepada seseorang, sesuatu maupun aktivitas tertentu, sementara ia kurang atau bahkan tidak menaruh perhatian terhadap seseorang , sesuatu atau aktivitas tertentu sementara ia kurang atau bahkan tidak menaruh perhatian terhadap seseorang, sesuatu atau aktivitas yang lain. Dari uraian tersebut dengan adanya minat memungkinkan adanya keterlibatan yang lebih besar dari objek yang bersangkutan. Karena minat berfungsi sebagai pendorong yang kuat.
Berdasarkan berbagai pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa minat adalah kecenderungan seseorang untuk memilih dan melakukan aktivitas dibandingkan aktivitas yang lain karena ada perhatian, rasa senang dan pengalaman.

e.       Pengertian Belajar
Disadari atau tidak, setiap individu tentu pernah melakukan aktivitas belajar, karena aktivitas belajar tidak dapat dipisahkan dari kehidupan seseorang mulai sejak lahir sampai mencapai umur tua.
Menurut Winkel :
Belajar adalah proses mental yang mengarah pada penguasaan pengetahuan, kecakapan skill, kebiasaan atau sikap yang semuanya diperoleh, disimpan dan dilakukan sehingga menimbulkan tingkah laku yang progresif dan adaptif.

Dari pengertian diatas, tampak belajar lebih menekankan pada proses, baik proses mental, proses adaptasi dengan lingkungan, proses melalui lingkugannya, proses melalui pengalaman, latihan maupun praktek.
Selanjutnya ada pula yang merumuskan pengertian belajar yang menekankan pada perubahan sebagaimana dikatakan oleh Witherington, bahwa ,”Belajar adalah perubahan dalam diri individu yang dapat dinyatakan sebagai suatu kecakapan, kebiasaan, pengertian dan apresiasi”.
Dengan memperhatikan perumusan-perumusan tentang pengertian belajar tersebut diatas maka penulis berpendapat; Bahwa belajar adalah suatu peoses psikis yang berlangsung dalam interaksi antara subjek dengan lingkungannya dan menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengatahuan, pemahaman, ketrampilan, sikap dan kebiasaan yang bersifat relative konstan / tetap baik melalui pengalaman, latihan maupun praktek. Perubahan itu bisa sesuatu yang baru atau hanya penyempurnaan terhadap hal-hal yang sudah dipelajari yang segera nampak dalam perilaku nyata atau yang masih tersembunyi. Sedangkan proses belajar dapat berlangsung dengan kesadaran individu atau tidak, sebagaimana diungkapkan oleh Winkel bahwa,” Proses belajar dapat berlangsung dengan disertai kesadaran dan intensi, tetapi itu tidak mutlak perlu.” (          :            )
f.       Pengertian Minat Belajar
Berdasarkan pendapat diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pengertian minat belajar adalah kecenderungan individu untuk memiliki rasa senang, dorongan melakukan aktivitas terhadap kegiatan belajar yang dilakukan melalui latihan-latihan ataupun pengalaman. Dengan demikian minat belajar pada diri siswa, maka kegiatan belajar akan dilakukan dengan penuh kesadaran, dilakukan dengan senang dan mempunyai dorongan untuk memperoleh hasil belajar yang optimal.
g.      Faktor-faktor Yang Menimbulkan minat Belajar
Minat merupakan kecenderungan yang agak menetap pada diri individu, tidak terjadi begitu saja, tetapi melalui proses. Seseorang mempunyai minat dari pembawaanya, minat tersebut akan menetap dan berkembang pada dirinya untuk memperoleh dukungan dari lingkungannya yang berupa pengalaman. Pengalaman akan diperoleh dengan mengadakan interaksi dengan dunia luar, baik melalui latihan maupun belajar.
Dan faktor yang dapat menimbulkan minat belajar dalam hal ini adalah dorongan dari dalam individu, dorongan motif sosial dan dorongan emosional.
h.      Macam-Macam Minat Belajar
Sesuai dengan aturan diatas, bahwa minat merupakan kecenderungan untuk memiliki rasa senang terhadap suatu objek dan dalam penelitian ini objek yang diteliti mengenai belajar, maka penulis kemukakan tentang macam-macam minat yang berhubungan dengan macam-macam belajar.
Menurut Robert M. Gague yang dikutip oleh Suyarno ( 1985 : 9 ) ada delapan macam model belajar yang disebut : “Cumulative Learning Model” Adapun macam atau jenis belajar sebagai berikut :
1).    Signal Learning ( belajar Signal ) individu belajar memberikan respon terhadap suatu tanda ( signal )
2).    Claining learning ( belajar merangkai membentuk suatu rangkaian hubungan stimulus respon S – R )
3).    Stimulus Respon Learning : belajar memberikan respon yang tepat terhadap stimulus tertentu.
4).    Verbal Assaciation learning : Belajar memahami pengertian verbal jenis ini terutama diperlukan dalam belajar bahasa.
5).    Multiple descimination learning : Belajar membedakan sesuatu dalam jumlah yang banyak, sehingga individu perlu memberikan respon yang berbeda-beda.
6).    Concept learning : Belajar tentang berbagai hal sehingga dapat mengklasifikasikan berbagai hal itu akhirnya mendapat pengertian atau membentuk konsep tentang suatu hal.
7).    Principle learning : Belajar prinsip, belajar memahami prinsip antara dua pengertian / konsep atau lebih.
8).    Problem solving : belajar memecahkan masalah
Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa macam-macam minat belajar diikuti adanya kegiatan-kegiatan yang mendukung timbulnya suatu aktivitas belajar. Hal ini dapat dipengaruhi oleh delapan macam model belajar yakni belajar dengan tanda, belajar merangkai, belajar memberikan respon, belajar memahami pengertian verbal, belajar membedakan sesuatu dalam jumlah banyak, belajar konsep, belajar prinsip dan memecahkan masalah, sehingga minat belajar siswa akan lebih terarah dengan adanya kegiatan tersebut.

i.        Ciri-Ciri Orang Yang Berminat Belajar
Arden N. Frandsen yang dikutip oleh Sardiman, AM        ( 1998 : 46 ) menyebutkan hal-hal yang dapat mendorong atau menimbulkan minat belajar adalah sebagai berikut :
1).    Adanya sifat ingin tahu dan ingin menyelidiki dunia yang labih luas.
2).    Adanya sifat yang kreatif pada orang yang belajar dan keinginan untuk maju
3).    Adanya keinginan untuk mendapatkan simpati dari orang tua, guru dan teman-temannya
4).    Adanya keinginan untuk memperbaiki kegagalan yang lalu dengan usaha yang baru, baik dengan kooperasi maupun dengan kompetensi.
5).    Adanya keinginan untuk mendapatkan rasa aman bila menguasai pelajaran.
6).    Adanya ganjaran atau hukuman sebagai akhir dari belajar.
Maslow yang dikutip oleh Sardiman AM ( 1998 : 46 ) mengemukakan dorongan-dorongan seseorang untuk belajar yaitu sebagai berikut :
1).    Adanya kebutuhan fisik
2).    Adanya kebutuhan rasa aman, bebas dari kekuatan
3).    Adanya kebutuhan dan kecintaan dan penerimaan dalam hubungan dengan orang lain.
4).    Adanya kebutuhan untuk mendapatkan kehormatan dari masyarakat
5).    Sesuai dengan sifat seseorang untuk mengemukakan atau mengetengahkan diri.
Berdasarkan pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa orang yang berminat belajar ditandai adanya sifat ingin tahu, adanya kreativitas, adanya simpati dari orang lain, memperbaiki kegagalan, adanya rasa aman dan adanya ganjaran atau hukuman.
j.        Hubungan Antara Perhatian Orang Tua Terhadap Minat Belajar
Perhatian itu timbul karena adanya dorongan psikis tertentu dan karena adanya rangsangan dari lingkungan. Memperhatikan atau menaruh perhatian dapat diartikan sebagai mengarah kepada sesuatu dan mempersiapkan diri untuk melaksanakan pengamatan satu objek atau pelaksanaan satu perbuatan. Perhatian orang tua terhadap minat belajar anak dapat dilakukan dengan berbagai macam tergantung sudut objek atau sudut pandang. Hal ini karena masing-masing orang tua mempunyai perbedaan sendiri-sendiri, antara yang satu dengan yang lainnya. Apabila orang tua memberikan perhatian dengan sungguh-sungguh terhadap anak dalam hal belajar maka aktivitas belajar dapat menumbuhkan minat belajar tanpa ada rasa terpaksa.
Adanya perhatian dari ayah, ibu atau wali yang berupa perhatian spontan, perhatian refleksi, perhatian intensif, perhatian terpusat dan perhatian terpencar maka anak merasa dilindungi dan diperhatikan oleh orang tua sehingga dalam melakukan berbagai kegiatan termasuk juga kegiatan belajar tidak mengalami tekanan-tekanan psikis. Dengan demikian perhatian orang tua terhadap anak berpengaruh terhadap minat belajar anak.  Semakin baik perhatian yang diberikan kepada anak, maka akan semakin berpengaruh terhadap minat belajar. Dan sebaliknya semakin kurang perhatian orang tua terhadap anak, maka semakin berkurang minat belajar yang ditimbulkan oleh anak.

3.      Tinjauan Terhadap Masalah Prestasi Belajar
Menurut Sutratinah Tirtonegoro, bahwa :
Yang dimaksud prestasi belajar adalah peningkatan hasil usaha kegiatan belajar yang dinyatakan dalam bentuk simbul, angka, huruf, maupun kalimat yang dapat mencerminkan hasil yang sudah dicapai oleh setiap anak dalam periode tertentu. (           : 80 )

Dari batasan diatas, dapat penulis uraikan bahwa setelah siswa melakukan usaha belajar di sekolah dengan waktu tertentu, maka untuk selanjutnya siswa dihadapkan pada suatu test yang biasa disebut Tes Hasil Belajar. Dari hasil test tersebut dapat diukur prestasi belajar siswa dengan standar tertentu. Biasanya ukuran prestasi belajar siswa dilambangkan dalam bentuk angka, huruf atau kata.
Secara garis besarnya, karateristik prestasi belajar dapat disebutkan sebagai berikut :
a.       Prestasi belajar seseorang merupakan perubahan perilaku yang dapat diukur, dalam hal ini dengan menggunakan tes.
b.      Prestasi belajar seseorang menunjuk pada individu, sebagai sebab, artinya individulah sebagai pelakunya.
c.       Prestasi belajar dapat dievaluasi dengan menggunakan standard tertentu, baik berdasarkan norma kelompok ataupun norma yang tidak ditetapkan.
d.      Prestasi belajar menunjukkan pula pada hasil kegiatan yang disengaja dan disadari yang dilakukan untuk mencapai suatu tujuan.

1).    Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Berhasil tidaknya kegiatan belajar dalam rangka mencapai tujuan yang diinginkan akan tergantung pada faktor dan kondisi yang mempengaruhinya.
Secara umum faktor-faktor yang mempengaruhi proses atau kegiatan belajar dan hasil atau prestasi belajar dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
a).    Faktor individu yang belajar ( faktor interen )
b).    Faktor lingkungan di luar individu yang belajar ( faktor eksteren )
Untuk lebih jelasnya berikut ini akan diuraikan lebih terinci tentang kedua faktor yang mempengaruhi belajar :
(1). Faktor individu yang belajar ( faktor internal)
Siswa sebagai pelajar merupakan salah satu unsur yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Berhasil tidaknya proses belajar bagi diri siswa akan tampak pada perubahan yang terjadi pada diri siswa.
Diantara faktor-faktor yang perlu diperhatikan dari segi siswa ini adalah :
(a).  Faktor Fisiologis / Jasmaniyah yang bersifat pembawaan maupun bukan pembawaan seperti : penglihatan, bentuk tubuh, kondisi fisik, kematangan fisik dan sejenisnya.
(b). Faktor psikologis, baik yang bersifat pembawaan atau bukan pembawaan seperti : taraf intelegensi, kemampuan belajar, bakat, unsur kepribadian tertentu seperti : sikap, kebiasaan, minat, motivasi, emosi, rasa aman, penyesuaian diri, perhatian, kematangan psikologis dan sejenisnya.
(1). Faktor Lingkungan di luar Individu yang Belajar ( Faktor Eksternal )
Faktor eksternal ini sering pula menjadi salah satu sumber / faktor yang berpengaruh dalam proses belajar mengajar, karena dalam proses belajar mengajar siswa selalu terkait dengan faktor eksternal ini. Termasuk faktor ini diantaranya adalah sebagai berikut :
(a).  Faktor Tujuan
Setiap kegiatan manusia menpunyai tujuan tertentu, demikian pula halnya dengan proses belajar yang merupakan salah satu bentuk kegiatan manusia dalam lingkungannya, sudah barang tentu mempunyai tujuan tertentu pula.
Semakin jelas tujuan yang akan dicapai dalam belajar, semakin jelas dan positiflah kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan siswa. Hal ini dapat merangsang individu untuk lebih giat melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pencapaian tujuan yang diinginkan.
(b). Faktor Guru
Guru sebagai perantara dalam usaha memperoleh perubahan tingkah laku siswa. Oleh sebab itu faktor guru merupakan faktor penting dalam proses belajar mengajar dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa.
Faktor guru yang perlu dipertimbangkan antara lain adalah : karateristik intelektual baik berupa kecakapan potensial maupun aktual, kecakapan psikomotorik, karateristik afektif yang meliputi ; kematangan dan kestabilan emosi, minat dan sikap terhadap profesinya serta terhadap materi yang akan diajarkan guru serta aspek kepribadian lainnya.


(c).  Faktor Lingkungan fisik dan Lingkungan Luar
Fasilitas fisik tempat belajar berlangsung, akan mempengaruhi hasil belajar yang dicapai siswa. Keadaan fisik sekolah yang baik akan lebih memungkinkan siswa belajar dengan tenang, teratur dan lancar, demikian pula sebaliknya. Faktor lingkungan fisik dan luar ini meliputi antara lain : bentuk dan ukuran ruangan dan suasana prasarana belajar lainnya yang diperlukan dalam belajar.
(d). Faktor-faktor Sosial di Sekolah, yang meliputi : system sosial yang ada di sekolah, status sosial siswa dan interaksi antara guru dan siswa baik dalam proses belajar mengajar maupun di luar proses belajar mengajar.
(e).  Faktor-faktor Situasional, seperti situasi dan kondisi keluarga, sekolah, masyarakat sekitar, musim, iklim, waktu dan sekitarnya.
2).    Tes Hasil Belajar Dalam Hubungannya dengan Prestasi Belajar
Dalam Kaitannya dengan proses belajar mengajar, maka untuk mengetahui efektifitas proses belajar mengajar dan untuk mengetahui sejauh mana siswa telah mencapai hasil yang diharapkan dari hasil belajarnya perlu diadakan evaluasi belajar.
Untuk mengadakan evaluasi terhadap hasil belajar siswa diperlukan suatu alat evaluasi yang biasanya disusun oleh guru mata pelajaran itu sendiri dan biasa disebut dengan Tes Hasil Belajar ( THB ).
Di Indonesia THB ada dua macam yaitu THB yang disusun oleh guru untuk kelasnya sendiri dan disusun oleh sejumlah guru secara bersamaan yang disebut dengan .................... biasanya digunakan untuk ulangan semesteran. Kedua macam THB tersebut mempunyai peranan besar sebagai alat evaluasi dalam bidang pendidikan.
Berdasarkan jawaban-jawaban siswa terhadap pertanyaan dan atau pernyataan-pernyataan yang diajukan dalam THB ini, siswa diberi nilai tertentu yang menyatakan taraf prestasi yang telah dicapai siswa.
Dalam Tes Hasil Belajar saat ini, dapat dibedakan antara Tes Formatif dan Tes Sumatif.
Menurut Abd. Gafur :
Tes Formatif digunakan sewaktu pengajaran sedang berlangsung untuk memacu, mengarahkan, dan menilai belajar siswa dan untuk menilai efektifitas proses pengajaran.
Sedangkan, Tes Sumatif adalah tes yang diberikan diakhir pengajaran untuk menentukan apakah yang letah dipelajari siswa ( 1984 : 82 )

Menilik pendapat di atas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa ada bentuk THB, yaitu : Formatif, misalnya : Tes Akhir Unit Bahan, Tes Latihan dalam Kelas, sedangkan Tes Sumatif misalnya : Tes Ulangan yang dilakukan pada akhir semester, Ujian Nasional, Ujian Akhir Semester.
Dari uraian dimuka, maka berhubungan erat dengan Prestasi Belajar siswa. Tes hasil belajar akan menggambarkan sejauh mana siswa telah mencapai hasil yang diharapkan dari proses belajar mengajar dan prestasi yang telah dicapai siswa.

B.     Kerangka Berpikir
1.      Hubungan antara Pengaruh Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa
Menjadi orang tua tidak berarti menjadi arif, serba tahu dan serba benar. Mencari dan menyayangi anak adalah suatu naluri tetapi bagaimana menyatakan rasa sayang dan cinta adalah suatu ketrampilan yang bisa dipelajari dan dilatih.
Orang tua yang memutuskan untuk bersama-sama berkarir, perlu saling memberi dukungan psikologis satu sama lain ssehingga memperkuat, melengkapi dan menunjang karir masing-masing, tetapi kualitas hubungan dengan anak perlu dijaga dengan cara meningkatkan kepedulian terhadap pertumbuhan dan perkembangan anak. Empati perlu dipertajam sehingga orang tua bisa menempatkan pikiran dan  perasaannya ke dalam pikiran dan perasaan anak dalam kondisi khusus misalnya si anak sedang belajar maka dibutuhkan lebih banyak perhataian dari orang tua. Pola hidup sibuk dapat menjadi model bagi anak yntuk mengembangkan sikap dan perilaku produktif, motivasi tinggi untuk berprestasi, bertanggung jawab dan mandiri.
Setiap orang tua diharapkan mampu menjadi pendidik pertama dan utama bagi anak dan seluruh anggota keluarga. Dari keluarga seharusnya anak  memperoleh pendidikan, apa saja yang seharusnya boleh dilakukan dan apa saja yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Membiasakan anak hidup teratur, tertib, disiplin, sopan, santun baik dalam keluarga maupun dengan lingkungan diluar keluarga. Semua ini diarahkan pula untuk menanamkan jiwa kemandirian dan sebagai modal untuk menumbuhkan profesionalisme, mencapai prestasi belajar di sekolah yang sangat diperlukan dalam masa depannya.
Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara Pengaruh Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan.
2.      Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa
Bahwa minat mempengaruhi proses dan hasil belajar, tak usah dipertanyakan lagi. Kalau seorang siswa tidak berminat untuk mempelajari sesuatu tidap dapat diharapkan bahwa dia akan berhasil dengan baik dalam mempelajari hal tersebut, sebaliknya kalau seorang mempelajari sesuatu dengan penuh minat, maka dapat diharapkan bahwa hasilnya akan lebih baik. Karena itu persoalan yang biasa timbul ialah bagaimana mengusahakan agar hal yang disajikan sebagai pengalaman belajar itu menarik para siswa, atau bagaimana caranya menentukan agar para siswa itu mengenai hal-hal yang memang menarik minat mereka. Dalam hubungan yang terakhir ini misalnya persoalan mengenai pemilihan jurusan / pilihan program bidang studi pada lembaga-lembaga pendidikan formal. Sebaliknya pilihan program terhadap bidang studi itu dipilih yang benar-benar dengan minat para siswa, karena dengan demikian dapat diharapkan hasil dan prestasi belajar yang lebih baik.
Dengan demikian diduga ada hubungan antara adanya minat belajar dengan prestasi belajar siswa.
3.      Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa
Usaha-usaha yang dapat dilakukan untuk membina hubungan orang tua dan anak yang pada akhirnya diharapkan dapat menumbuhkan, membina dan mengembangkan minat belajar anak salah satunya adalah penanaman kedisiplinan terhadap anak.
Prestasi belajar yang tinggi yang dicapai di sekolah merupakan harapan semua pihak, baik pihak siswa sendiri, guru, orang tua bahkan pemerintah.
Menurunya prestasi belajat anak didik pada seluruh jenjang pendidikan di Indonesia saat ini termasuk SMA, menyebabkan perlunya diselidiki faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar tersebut.
Pada dasarnya prestasi belajar yang diraih siswa merupakan hasil suatu proses dalam suatu sistem yang saling berhubungan, sehingga faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajarpun dapat terjadi saling berhubungan antara faktor yang satu dengan faktor yang lain. Dan minat memiliki daya prediksi yang tinggi terhadap perilaku seseorang. Sehingga seseorang yang mempunyai minat untuk belajar tinggi atau keras, maka dalam dirinya akan muncul dorongan psikologis yang sangat kuat untuk mempersiapkan diri untuk belajar.
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa, bila pengaruh perhatian orang tua dilaksanakan di rumah secara efektif dan adanya minat belajar yang tinggi pada siswa, maka akan diperoleh hasil dan prestasi belajar juga tinggi. Begitu pula sebaliknya apabila pengaruh perhatian orang tua tidak dilaksanakan secara efektif, baik di rumah dan rendahnya minat belajar, maka hasil dan prestasi belajar siswapun juga rendah.

C.     Paradigma Penelitian
Berdasarkan kerangka berpikir di atas, dapat digambarkan hubungan ketiga variabel penelitian tersebut dalam paradigma penelitian sebagai berikut :
 





Gambar 2. Paradigma Penelitian
Keterangan :
X1       : Perhatian Orang Tua
X2       : Minat Belajar
Y         : Prestasi Belajar Siswa
H1       : Hipotesis Pertama
H2       : Hipotesis Kedua
H3       : Hipotesis Ketiga

D.    Pengajuan Hipotesis
Berdasarkan landasan teori, kerangka berpikir dan paradigma penelitian dimuka, dan agar kegiatan penelitian tetap terarah secara jelas sesuai dengan tujuan penelitian, maka dapatlah dirumuskan beberapa hipotesis sebagai berikut :
1.      Ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
2.      Adanya hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
3.      Ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dan minat belajar dengan Prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan.




BAB III
METODOLOGI PENELITIAN

A.    Pendekatan Penelitian
Muhammad Ali ( 1985 : 81 ) mengatakan bahwa pendekatan penelitian merupakan keseluruhan cara atau kegiatan yang dilakukan oleh peneliti dalam melaksanakan penelitian mulai dari perumusan masalah sampai dengan penarikan kesimpulan.
Menurut Fx. Sudarsono, ada 2 ( dua ) jenis pendekatan penelitian yaitu :
1.      Pendekatan Kuantitatif, artinya bahwa seorang peneliti harus bekerja dengan angka-angka sebagai perujudan dari gejala yang diamati, sehingga memungkinkan digunakan analisis statistic.
2.      Pendekatan Kualitatif, artinya seorang peneliti bekerja dengan informasi-informasi, keterangan-keterangan dan penjelasan data. Tehnik analisanya yang digunakan adalah tehnik non statistic / dengan prinsip ( 1988 : 1 )

Sehubungan dengan pendekatan di atas, maka dalam penelitian ini pendekatan yang dipilih adalah pendekatan kuantitatif karena gejala-gejala hasil penelitian yang berujud data, diukur dan dikonversikan dahulu dalam bentuk angka-angka atau dikuantifikasikan dan dianalisis dengan tehnik statistic. Adapun pendekatan kuantitatif dengan tujuan sebagai berikut :
a.       Menggambarkan suatu gejala secara kuantitaitf dengan sajian skor, neraca, penyimpangan, grafik dan lain-lain.
b.      Menerangkan suatu gejala misalnya untuk menunjukkan besarnya koefisien dan arah korelasi, besarnya sumbangan suatu variable, ada tidaknya perbedaan suatu kelompok dan lain sebagainya.
c.       Membuat prediksi dan estimasi berdasarkan hasil analisa dan model yang telah ditetapkan ( FX. Soedarsono, 1988 : 9 )

Sesuai dengan tujuan penelitian ini yang ingin mengetahui tentang Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa pada siswa kelas II SMU PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005, maka penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian korelasional, karena peneliti berusaha menelaah hubungan antara satu variabel dengan variabel yang lain. Sehubungan dengan itu Suharsini Arikunto menyatakan bahwa tujuan penelitian korelasional adalah untuk menemukan ada tidaknya hubungan, dan apabila ada, seberapa eratnya hubungan serta berarti atau tidaknya hubungan itu ( Suharsini Arikunto, 1991 : 21 )
Sedangkan tujuan penelitian korelasional ( Corelational Research ) sebagaimana dikutip oleh Suriswo, adalah sebagai berikut :
Tujuan penelitian korelasional adalah untuk mendeteksi sejauhmana variasi variasi pada suatu faktor berkaitan dengan variasi-variasi pada satu atau lebih faktor lain berdasarkan pada koefisien korelasi ( 2005 : 35 )

Penelitian ini bila dilihat dari hadirnya variabel maka disebut penelitian deskriptif, karena variabel yang dipakai menggambarkan variabel yang sudah ada datanya sekarang. Pendapat senada dikutip oleh Suriswo, menyatakan bahwa penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan / menggambarkan variabel masa lalu dan sekarang ( sedang terjadi ), adalah penelitian deskriptif ( 2005 : 30 )
Sifat dari penelitian adalah ex post facto karena pengumpulan data dilakukan setelah kejadian berlangsung. Hal ini sesuai dengan kutipan Suriswo, ( 2005 : 35 ) yang mengatakan bahwa, metode penelitian komparatif adalah bersifat ex post facto. Artinya, data dikumpulkan setelah semua kejadian yang dikumpulkan telah selesai berlangsung.

B.     Tempat dan Waktu Penelitian
1.      Penelitian ini dilakukan dengan mengambil lokasi di SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan Jawa Tengah
2.      Waktu penelitian
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei – Juni tahun 2005

C.     Variabel Penelitian
Variabel penelitian adalah sebuah konsep seperti halnya laki-laki dalam jenis kelamin, insaf dalam kesadaran menurut F.N. Kerlinger yang dikutip oleh Suriswo ( 2005 : 65 ) pendapat senada diberikan oleh Sutrisno Hadi, yang dikutip oleh Suriswo, bahwa variabel adalah sebagai gejala yang bervariasi ( 2005 : 65 ).
Selanjutunya Suharsini Arikunto berpendapat bahwa variabel dapat dibedakan atas kualitatif dan kuantitatif, lebih jauh variabel kuantitatif diklasifikasikan menjadi 2 kelompok yaitu variabe diskrit dan variabel kontinum. Masing-masing dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Variabel Diskrit : Variabel Nominal : Variabel Kategorik karena hanya dapat dikategorikan atas 2 kutub yang berlawanan yakni “Ya” dan tidak.
2.      Variabel Kontinum, dipisahkan menjadi 3 variabel kecil yaitu :
a.       Variabel Ardinal, yaitu variabel yang menunjukkan tingkatan-tingkatan, untuk sebutan lain adalah variabel “lebih kurang” karena yang satu punya kelebihan dari yang lain.
b.      Variabel Internal, yaitu variabel yang mempunyai jarak, jika dibanding dengan variabel lain, sedang jarak itu sendiri adalah dapat diketahui dengan pasti.
c.       Variabel Ratio, yaitu variabel perbandingan. Variabel ini dalam hubungannya antara sesamanya merupakan “sekian kalinya” ( 1996 : 97 – 98 )

Variabel dalam penelitian ini dapat digolongkan dalam variabel kontinum karena dapat digolong-golongkan menurut tingkatannya. Sesuai dengan pendapat Sutrisno Hadi bahwa variabel atau gejala yang dapat digolong-golongkan menurut tingkat besar kecilnya disebut gejala kontinum    ( 1990 : 224 ). Sedangkan ditinjau dari jenisnya maka variabel dalam penelitian ini dapat digolongkan menjadi variabel internal karena menggunakan skala ukuran berjarak sama.
Menurut fungsinya di dalam penelitian maka variabel juga dapat dibedakan antara variabel bebas dan variabel terikat.
Dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelompok variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat, yaitu :
1).    Variabel bebas ( Independent Variabel )
a).    Perhatian orang tua ( X1 )
b).    Minat belajar ( X2 )
2).    Variabel terikat ( Dependent Variabel ) adalah Prestasi belajar siswa ( Y )


D.    Populasi dan Sampel Penelitian
1.      Populasi Penelitian
Populasi merupakan keseluruhan subyek penelitian yang akan dikenai generalisasi hasil penelitian ( Suharsini Arikunto, 1997 : 102 ). Populasi menurut Sutrisno Hadi ( 1990 : 70 ) adalah seluruh individu yang akan dikenai sasaran generalisasi dari sampel yang akan diambil dalam suatu penelitian.
Senada dengan pendapat diatas Zainul Mustofa memberi batasan tentang populasi yaitu semua individu yang menjadi objek penelitian         ( 1991 : 3 )
Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa populasi adalah keseluruhan individu yang menjadi sasaran penelitian. Sebagai populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan yang terdaftar pada tahun pelajaran 2002 / 2003, dengan pertimbangan :
a.       Siswa kelas II diasumsikan mempunyai karateristik yang sama, misalnya kelas II dengan kurikulum yang sama, usia yang hampir sama, dimana mereka telah memiliki tingkat kematangan fisik dan psikis.
b.      Kelas II merupakan tingkat penjurusan / pemilihan program sehingga diasumsikan mereka akan lebih banyak memikirkan tentang apa yang akan dipilih setelah kenaikan kelas III.
c.       Mereka telah mencapai suatu taraf perkembangan kepribadian yang relatif sama daripada masa sebelumnya.
d.      Pada kelas II siswa SMA harus memilih program pengajaran khusus, yaitu IPA, IPS dan Bahasa.
e.       Masalah yang mendasar dalam minat untuk belajar, siswa timbul pada awal naik kelas III
SMA yang akan digunakan untuk penelitian ini mempunyai 3 kelas. Dengan jumlah siswa keseluruhan sebanyak 150 siswa. Distribusi siswa untuk masing-masing kelas dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 01
Distribusi Siswa Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan
Tahun Pelajaran 2004 / 2005
NO
Kelas

1
II / 1
46
2
II / 2
43
3
II / 3
46
4
Kelas Khusus
15
Jumlah Total
150

2.      Sampel Penelitian
a.       Penentuan besar sampel
Untuk menentukan besarnya sampel, peneliti mengacu pada tabel yang diibuat oleh Harry King. Berdasarkan tabel tersebut untuk mengambil atau menentukan besarnya sampel penelitian bagi populasi  150 siswa dengan taraf kesalahan 25 % berada pada posisi 37,5. Jadi jumlah sampel yang diambil adalah dibulatkan menjadi 38 siswa.
b.      Tehnik Sampling yang digunakan
Penelitian ini merupakan penelitian sampel atau studi sampling. Studi Sampling merupakan penelitian yang tidak memiliki seluruh subyek yang ada dalam populasi. Penelitian sampling dilakukan melalui tindakan menarik sampel sebagian dari populasi, mengambil bagian yang lebih kecil, dan kemudian menggeneralisasikan hasil penelitian itu kepada populasi.
Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan terdiri dari 3 kelas dan 1 kelas khusus, maka agar diperoleh sampel yang cukup representatif digunakan tehnik pengambilan sampel Proporsional Random Sampling. Proporsional ini ditetapkan karena masing-masing kelas mempunyai jumlah siswa yang berbeda. Selanjutnya pengambilan sampel ditentukan secara random. Hal ini disebabkan karena metode random memberi kemungkinan pada semua siswa sebagai subyek dalam populasi berkesempatan menjadi sampel penelitian ( Sutrisno Hadi, 1990 : 203 ). Untuk penentuan sampelnya, peneliti menggunakan cara undian, karena cara undian ini lebih mudah dan menghindarkan dari faktor-faktor subyektifitas peneliti. Dalam penentuan sampel masing-masing kelas dapat dijabarkan sebagai berikut :

Tabel 02
Distribusi Sampel Penelitian Siswa Kelas II
SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan Tahun Pelajaran 2004 / 2005
No
Kelas
Jumlah Siswa
Jumlah Sampel
1
II / 1
46
12
2
II / 2
43
11
3
II / 3
46
12
4
Kelas Khusus
15
3
Jumlah
150
38

E.     Metode Pengumpulan Data
Suharsini Arikunto ( 1993 : 121 ) menjelaskan bahwa                         “Pengumpulan data merupakan cara-cara yang dapat dipergunakan oleh peneliti untuk mengumpulkan data-data”. “Macam-macam metode atau tehnik pengumpulan data antara lain angket ( kuisioner ), wawancara ( interview ), pengamatan ( observasi ), ujian ( Tes ) dan dokumentasi”. ( Suharsini  Arikunto, 1993 : 121-122 )
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket atau kuisioner dan metode dokumentasi. Sesuai dengan metode pengumpulan data yang peneliti gunakan, maka untuk lebih jelasnya akan peneliti uraikan sebagai berikut :


1.      Metode Angket ( Kuisioner )
“Metode angket ( Kuisioner ) adalah sejumlah pertanyaan tertulis yang digunakan untuk memperoleh informasi dari responden dann arti larti laporan tentang ptibadinya, atau hal-hal yang diketahui” ( Suharsini Arikunto, 1997 : 124 ). Menurut Suharsini Arikunto, angket dapat dibedakan atas beberapa jenis tergantung pada sudut pandangnya, yaitu :
a.       Dipandang dari cara menjawab, maka ada :
1).    Kuisioner Terbuka, yang memberi kesempatan kepada responden untuk menjawab dengan kalimatnya sendiri.
2).    Kuisioner Tertutup, yang sudah disediakan jawabannya, sehingga responden tinggal memilih.
b.      Dipandang dari jawaban yang diberikan, maka ada :
1).    Kuisioner Langsung : responden langsung menjawab tentang dirinya.
2).    Kuisioner tidak langsung : responden menjawab tentang orang lain
c.       Dipandang dari bentuknya, maka ada :
1).    Kuisioner pilihan ganda, yang dimaksud adalah sama dengan kuisioner tertutup
2).    Kuisioner isian, yang dimaksud adalah kuisioner terbuka
3).    Cheklist, sebuah daftar dimana responden tinggal membubuhkan tanda cek ( v ) pada kolom yang sesuai.
d.      Rating Scale ( Skala bertingkat ) yaitu sebuah pernyataan yang diikuti kolom-kolom yang menunjukkan tingkat-tingkat, misalnya mulai dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju   ( Suharsini Arikunto, 1991 : 124 )

Pada penelitian ini menggunakan angket tertutup, langsung dan berbentuk skala bertingkat. Alasan pemilihan metode angket dalam penelitian ini didasarkan atas asumsi yang dikemukakan Sutrisno Hadi bahwa :
a.       Subyek adalah orang yang paling tahu tentang dirinya
b.      Apa yang dinyatakan subyek kepada peneliti adalah benar dan dapat dipercaya.
c.       Interprestasi subyek tentang penrtanyanyang diajukan adalah sama dengan apa yang dimaksud peneliti ( Sutrisno Hadi, 1990 : 157 )

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini untuk mengungkap data-data mengenai Pengaruh perhatian orang tua dan minat belajar. Angket juga memiliki beberapa kelemahan sebagaimana dikemukakan oleh Suharsini Arikunto, sebagai berikut :
a.       Responden sering tidak teliti dalam menjawab, sehingga ada pertanyaan yang terlewati / tidak dijawab, padahal sukar dikembalikan padanya.
b.      Sering sukar dicari validitasnya
c.       Walaupun dibuat secara anonim kadang-kadang responden memberikan jawaban yang tidak jujur.
d.      Seringkali tidak kembali terutama jika dikirim lewat pos
e.       Waktu pengembalian tidak sama-sama dan bahkan ada yang terlalu lama sehingga terlambat. ( 1992 : 126 )

Untuk mengatasi beberapa kelemahan tersebut maka peneliti mengadakan uji coba angket yang benar-benar valid dan reliabel. Sedangkan untuk mengatasi persoalan tehnis yang berkaitan dengan waktu pengumpulan dan ketelitian memberikan jawaban, peneliti memberikan petunjuk dalam angket yang jelas dan mengadakan pendekatan kemanusian dalam meminta responden untuk mengisi angket. Pendekatan tersebut adalah peneliti memberikan penjelasan seperlunya sehingga angket tidak dikerjakan dengan terlalu tergesa-gesa dan agar jawaban dapat diberikan sesuai dengan yang sebanarnya. Peneliti juga mengadakan pengawasan dan penjelasan jika pada pelaksanaannya responden mengalami kesulitan dan kalau ada hal-hal yang kurang jelas. Dengan demikian maka diharapkan dari angket tersebut dapat diperoleh data yang benar-benar telah menggambarkan keadaan yang sebenarnya dari responden yang diteliti.
Angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup yaitu angket yang menghendaki jawaban pendek, dan tertentu yang telah disediakan oleh peneliti dengan cara memberikan tanda-tanda pada alternatif jawaban yang dipilih.
2.      Metode Dokumentasi
Dalam penelitian ini yang dimaksud dokumentasi menurut Winarno Surakhmad adalah “Suatu metode pengumpulan data dengan jalan melihat catatan yang sudah ada” ( 1985 : 100 ).  Untuk melihat catatan yang sudah ada peneliti dapat mengambilnya dari nilai tes, surat kabar, traskrip, agenda rapat, nilai raport, dan sebagainya.
Dokumentasi sebagai sumber data dapat diklasifikasikan menjadi dua golongan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Sumber data primer adalah sumber asli yang diambil atau diperoleh secara langsung dari pihak pertama, sedangkan sumber data sekunder adalah sumber yang diperoleh dari pihak lain. Data dalam penelitian ini merupakan data primer yaitu dengan jalan menyalin dari dokumen hasil belajar siswa atau daftar nilai siswa dan diambilkan dari pengelolaan semester genap kelas II yang terdapat pada buku legger tahun pelajaran 2004 / 2005.


F.      Instrumen Penelitian
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini salah satunya adalah angket, oleh karena itu instrumen yang dibuat berupa angket. Menurut Suharsini Arikunto, prosedur yang ditempuh dalam pengadaan instrumen yang baik secara berturut-turut adalah perencanaan, penulisan butir item, penyuntingan, uji coba, penganalisaan hasil (Suharsini Arikunto, 1989 : 134 – 135 ). Berdasarkan pendapat tersebut, langkah-langkah pengadaan instrumen yang ditempuh dalam penelitian ini adalah :
1.      Perencanaan dan penulisan butir soal
Langkah yang dilakukan dalam tahap ini adalah mendefinisikan konsep variabel yang hendak diukur dan menentukan indikator-indikator untuk dijabarkan menjadi butir item.
a.       Variabel Pengaruh Perhatian Orang Tua
1).    Definisi Operasional
Pengaruh perhatian orang tua terhadap anak adalah sebagai pemusatan tenaga psikis yang tertuju pada suatu objek yang dilakukan oleh ayah dan ibu atau wali yang berupa perhatian spontan, perhatian refleksi, perhatian intensif, perhatian terpusat, dan perhatian terpencar.
2).    Kisi-kisi Variabel Pengaruh Perhatian Orang Tua
Kisi-kisi tentang variabel Pengaruh Perhatian Orang Tua dapat dilihat pada tabel 04  halaman 63

b.      Variabel Minat Belajar
1).    Definisi Operasional
Minat belajar adalah kecenderungan individu untuk memiliki rasa senang, dorongan melakukan aktivitas terhadap kegiatan belajar yang dilakukan melalui latihan-latihan ataupun pengalaman.
2).    Kisi-kisi variabel minat belajar
Kisi-kisi tentang variabel minat belajar dapat dilihat tabel 05 halaman  63
Adapun penetapan skor untuk kedua instrumen dalam penelitian ini adalah untuk alternatif A dengan skor 4, B dengan skor 3, C dengan skor 2, dan D dengan skor 1, dan E dengan skor 0.
2.      Penyuntingan
Penyuntingan yang dimaksud meliputi melengkapi instrumen dengan kata pengantar, petunjuk pengisian, ucapan terima kasih, penyediaan lembar jawaban.
3.      Uji Coba Instrumen
Uji coba instrumen dikenakan bagi siswa yang nantinya bukan menjadi sampel tetapi masih merupakan satu populasi. Untuk melakukan uji coba instrumen biasanya dengan jumlah responden 30 – 50 orang sudah mencukupi karena dengan jumlah minim 30 orang ini maka distribusi skor akan mendekati kurve normal. Dalam hal ini, peneliti mengambil 30 siswa untuk dikenai uji coba. Dalam uji coba ini meliputi :

a.       Uji Coba Validitas Instrumen
Menurut Suharsini Arikunto ( 1991 : 136 ) validitas adalah ”Suatu ukuran yang menunjukkan tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen”. Tinggi rendahnya validitas instrumen menunjukkan sejauh mana data yang terkumpul tidak menyimpang dari gambaran tentang variabel yang dimaksud. Berkaitan dengan validitas ini, Sutrisno Hadi mengemukakan jenis-jenis validitas,  yaitu : face validity, Logical validity, factorial validity, Content validity dan empirical validity. Dalam penelitian ini semua angket menggunakan Construct Validity atau Logical Validity, karena butur-butir dalam instrumen dikembangkan berdasarkan konstruksi teoritik.
Untuk mengetahui ketepatan data dilakukan tehnik uji validitas internal. Uji validitas internal dilakukan melalui uji validitas butir.
Untuk menguji validitas butir digunakan tehnik atau rumus korelasi product moment dari Karl Pearson. Rumus korelasi product yang dimaksud adalah :
rxy =
 
                                        
                        {(

Keterangan   :
rxy                : Koefisien korelasi antara X dengan Y
              : Jumlah skor tiap butir
              : Jumlah skor total
            : Jumlah hasil kali skor X dengan skor Y
2                 : Jumlah X
2             : Jumlah Y
                 : Banyaknya subyek
( Suharsini Arikunto, 1993: 138 )

Hasil perhitungan dengan korelasi tersebut masih dikontrol atau dicek dengan korelasi Part Whole untuk menghindari Overestimate, sehingga diperoleh harga rpq atau rbt. Adapun rumusnya :
pq =
 
                                   : SDt  -  SDp
                        {(SDt2 +SDp2 ) (  : SDt – SDp )}

Keterangan :
Rpq           : Koefisien korelasi bagian total
rtp              : Koefisien korelasi product moment
SDp           : Standar deviasi total
SDt            : Standar deviasi sub total ( Sutrisno Hadi, 1987 : 290 )
b.      Uji Reabilitas Instrumen
Uji reabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha, karena skor item bukan nol atau satu. Sebagaimana penjelasan Suharsini Arikunto bahwa rumus alpha digunakan untuk mencari reabilitas instrumen yang skornya bukan nol atau satu, misalnya angket atau soal bentuk uraian ( 196 : 190 )
Rumus alpha tersebut adalah :
rii  =
 
                   
Keterangan :
rii               : Reabilitas instrumen
k                : banyaknya item
        : Jumlah variaus butir
             : Variaus Total ( Suharsini A, 1996 : 191 )

Hasil rii yang telah diperoleh dikonsultasikan melalui Standart Errar Measurement ( SEM ). Adapun rumus SEM adalah sebagai berikut :
SEmeas     =  SD
Keterangan :
SEM          : Standart Eraar of Measurement
SD             : Standart Deviasi
rii               : Reliabilitas Instrumen ( Gilbert Sax,  1980 : 274 )
Sedangkan standar deviasi ( SD ) dapat dicari dengan rumus berikut :
SD   =
Keterangan :
SD             : Standart deviasi
          : Jumlah kuadrat deviasi skor dari mean
N               : Jumlah individu ( Sutrisno Hadi, 1993 : 50 )
Hasil perhitungan dengan SEM ini kemudian dikonsultasikan dengan SD, dengan kriteria bahwa instrumen itu reliabel apabila harga SEM kurang dari  SD, dan sebaliknya jika harga SEM lebih dari   SD maka instrumen itu tidak reliabel.
Tabel 03
Ringkasan Hasil Uji Coba Reliabilitas Instrumen
Variabel
Koefisien Alpha
SEM
SD
Keterangan
Pengaruh perhatian orang tua

0,9120

5,330

61,8158

Reliabel
Minat belajar


0,9118


5,559

82,937

Reliabel
Prestasi belajar


0,790

2,786

7,6579

Reliabel




Tabel 04
Kisi-kisi instrumen variabel Pengaruh Perhatian Orang Tua
No
Indikator
No. Item

1
Perhatian Spontan
1, 2, 3
3
2
Perhatian refleksi
4, 5, 6
3
3
Perhatian intensif
7, 8, 9
3
4
Perhatian tidak intensif
13, 14, 15, 16
4
5
Perhatian terpusat
10, 11, 12
3
6
Perhatian terpencar
17, 18, 19, 20
4
Jumlah
20

Tabel 05
Kisi-kisi Instrumen Variabel Minat Belajar
No
Indikator
No. Item

1
Sikap positif terhadap pelajaran
1, 2
2
2
Perhatian terhadap objek
3, 4
2
3
Senang melakukan aktivitas
5, 6, 7
3
4
Keinginan untuk mendapatkan sesuatu
8, 9, 10, 11
4
5
Kekuatan diri sendiri
12, 13
2
6
Motivasi dan pengalaman
14, 15, 16
3
7
Kesadaran terhadap objek / sesuatu
17, 18, 19, 20
4
Jumlah
20

G.    Tehnik Analisis Data
Dalam penelitian ini ada dua macam analisis, yaitu :
1.      Analisis Deskriptif
Analisis ini disajikan dalam bentuk mean (M), Median (Me), Modus (Mo) dan standar Deviasi (SD), distribusi frekuensi serta histogram data dari masing-masing variabel.
2.      Analisis Statistik
Analisis ini digunakan untuk pengujian hipotesis, namun sebelumnya terlebih dahulu digunakan uji prasyarat analisis.
a.       Pengujian Prasyarat Analisis
Pengujian prasyarat analisis tersebut meliputi tiga syarat yang harus dipenuhi :
1).    Sampel yang digunakan dalam penelitian harus sampel yang diambil secara random dari populasi terhadap kesimpulan penyelidikan yang hendak dikenakan
2).    Hubungan antara variabel X dengan variabel Y merupakan hubungan garis lurus atau hubungan linier.
3).    Bentuk didistribusi variabel X dan variabel Y dalam populasi adalah mendekati distribusi normal.
Syarat-syarat tersebut akan dijabarkan sebagai berikut :
a).    Sampel diambil secara random
Syarat ini sudah terpenuhi yaitu setiap subyek dalam populasi diberi kesempatan yang sama untuk dijadikan anggota sampel penelitian yaitu dengan cara undian.
b).    Uji Normalitas
Uji normalitas digunakan untuk mengetahui apakah data dalam penelitian terdistribusi normal atau tidak. Dalam uji normalitas ini menggunakan rumus chi -kuadrat yaitu :
Keterangan :
             : Chi – kuadrat
fo               : Frekwensi Observasi
fh               : Frekwensi yang diharapkan
Untuk mengetahui distribusi normal atau tidak dapat dilakukan dengan membandingkan antara chi – kuadrat hasil perhitungan dengan chi – kuadrat tabel. Untuk uji signifikan nilai chi – kuadrat digunakan taraf      5 % dengan db jumlah kelas interval dikurangi satu ( db = k – 1 ). Bila harga  hitung lebih kecil dari harga  pada tabel maka data dari variabel tersebut terdistribusi normal. Jika harga  hitung lebih besar dari harga  tabel maka distribusinya tidak normal.

c).    Uji Lineritas
Uji ini untuk mengetahui apakah ubahan bebas        ( Preditor ) mempunyai hubungan yang linier atau tidak dengan ubahan terikat ( kritereum ), maka harus diadakan pengujian lineritas. Adapun rumus yang digunakan untuk uji lineritas adalah :
Keterangan :
F                : Harga bilangan untuk garis regresi
        : Rerata kuadrat garis regresi
        : Rerata kuadrat garis residu
( Sutrisno Hadi, 1990 : 14 )
Taraf signifikan yang digunakan untuk uji lineritas in adalah taraf signifikan 5 % dengan db untuk menguji harga F adalah 1 dengan N – 2. Pengujian ini menggunakan kriteria sebagai berikut : hubungan fungsional antara variabel bebas dan variabel terikat adalah linier bila diperoleh harga F hitung lebih besar dari harga F tabel.
b.      Pengujian Hipotesis
1).    Analisis Bivariat
Analisis ini digunakan untuk menguji hipotesis pertama dan hipotesis kedua. Adapun rumus yang digunakan adalah rumus korelasi product moment.  Jika r hitung lebih besar dari r tabel maka kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang positif dan berarti hipotesis alternatif yang digunakan dapat diterima.
2).    Analisis Multivariat.
Analisis ini meliputi analisis regresi ganda yang digunakan untuk menguji hipotesis ketiga yaitu : mencari koefisien keorelasi antara dua variabel bebas dengan satu variabel terikat. Berkaitan dengan masalah analisis data ini Sutrisno Hadi mengatakan bahwa tugas pokok analisis regresi ganda adalah :
a).    Mencari korelasi antara kriterium dengan preditor
Keterangan :
       : Koefisien korelasi antara X dan Y
              : Koefisien predikator  X 1
              : Koefisien predikator X 2
           : Jumlah produk antgara X1 dengan Y
          : Jumlah produk X2 dengan Y
           : Jumlah kuadrat kriterium Y
Selanjutnya hasil v hitung dikonsultasikan dengan v tabel, jika v hitung lebih besar dari v tabel maka kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang signifikan dan berarti hipotesis alternatif yang digunakan dapat diterima.
b).    Menguji apakah korelasi itu signifikan atau tidak
Untuk menguji korelasi tersebut maka dicari analisis regresi      ( F ), rumus yang digunakan adalah :
  = 
Keterangan :
           : Harga  F garis regresi
N               : Cacah kasus
M               : Cacah prediktor
R2              : Koefisien korelasi antara X dengan Y
( Sutrisno Hadi, 1990 : 36 )
Selanjutnya F hitung dikonsultasikan dengan F tabel, dimana dengan db untuk menguji F adalah M lawan ( N – m – 1 ), jika F hitung lebih besar dari F tabel berarti hubungan antara preditor dengan kriterium signifikan.
c).    Mencari persamaan Garis Regresi
Persamaan garis regresi 2 prediktor menggunakan rumus :
 Y              = a1 X1 + a2 X2 +K
Keterangan :
Y               : Kriterium
X1              : Prediktor Pertama
X2              : Prediktor Kedua
a1               : Koefisien prediktor pertama
a2                   : Koefisien prediktor kedua
K               : Bilangan Konstan

d).   Menemukan sumbangan relatif dan sumbangan efektif
Sumbangan relatif dan sumbangan efektif masing-masing prediktor terhadap kriterium adalah :
(1). Sumbangan Relatif Prediktor Pertama ( X1 ) ;
(2). Sumbangan Relatif Prediktor Kedua ( X2 )
(3). Sumbangan Efektif Prediktor Pertama ( X1 )
SR %   = SR % X1 x R2
(4). Sumbangan Efektif Prediktor Kedua ( X2 )
SE %    = SR % X2 x R2






BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
I.       Deskripsi Data
Pada pembahasan berikut ini akan disajikan deskripsi data yang diperoleh dari sampel  penelitian. Adapun distribusi sampelnya dapat dilihat pada tabel berikut ini :
Tabel 08
Distribusi Pengembangan Sampel
Kelas
II/1
46
12
II/2
43
11
II/3
46
12
Kelas Khusus
15
3
Jumlah
150
38

Dalam deskripsi data akan disajikan mengenai mean, medean, modus dan simpangan baku serta disajikan pula mengenai distribusi frekuensi data dan histogram dari masing-masing variabel. Secara lengkap dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Variabel Perhatian Orang Tua
Data tentang perhatian orang tua diperoleh melalui angket yang bersifat tertutup dengan jumlah item 20 butir, skor yang digunakan dalam angket tersebut adalah 1 sampai 5, sehingga berdasarkan skor tersebut maka variabel perhatian orang tua memiliki rentangan 20 – 100.
Berdasarkan data induk yang diperoleh dari responden pada penelitian ini diperoleh skor 39 dan skor tertinggi 85. Adapun distribusi frekuensi data dari variabel Perhatian Orang Tua dapat dilihat pada table 9 berikut ini.
Tabel 09
Distribusi Frekuensi Data
Perhatian Orang Tua
Interval
Frek. ABS
Frek. Rel
Frek. Kum
F. Kum Relatif 100%
39 – 47
5
13
5
13
48 – 56
7
18
12
32
57 – 65
8
21
20
53
66 – 74
15
39
35
92
75 – 83
2
5
37
97
84 – 92
1
3
38
100
Jumlah
38
100



Berdasarkan tabel distribusi frekuensi tersebut, maka histogram data Perhatian Orang Tua adalah :



 









Dengan jasa komputer SPS diperoleh data ( M ), 61,8158 dan simpangan baku (SD) 11,3539.
Berdasarkan kriteria pengambilan keputusan secara deskriptif, maka kategori perhatian orang tua kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tekun Pelajaran 2004 / 2005 adalah sebagai berikut :
Tabel 10
Kategori Perhatian Orang Tua
Interval
Jumlah Siswa
Prosentase
Kategori
20 – 47
5
13,2
Rendah
48 – 73
30
78,9
Sedang
74 – 100
3
7,9
Tinggi
Total
38
100
-

Berdasarkan tabel di atas dapat dikategorikan bahwa perhatian orang tua adalah sedang dengan jumlah responden 30 siswa, Rendah yaitu 13,2 % dengan jumlah responden 5 siswa dan Tinggi yaitu 7,9 % dengan responden 3 siswa. Jadi dapat dikategorikan Perhatian orang tua dalam kategori sedang.
2.      Variabel Minat Belajar
Data tentang minat belajar dalam penelitian ini diperoleh melalui angket yang bersifat tertutup dengan jumlah item sebanyak 20 butir, adapun skor yang digunakan dalam angket tersebut adalah 1 sampai 5, sehingga berdasarkan skor tersebut maka variabel minat belajar memiliki rentangan 60 – 101.
Tabel 11
Distribusi Frekuensi Data Minat Belajar
Interval
Frek ABS
Frek Rel
Frek Kum
F. Kum Relatif 100 %
60 – 66
2
5
2
5
67 – 73
1
3
3
8
74 – 80
11
29
14
37
81 – 87
12
32
26
68
88 – 94
11
39
37
97
95 – 101
1
3
38
100
Jumlah
38
100



Berdasarkan tabel distribusi frekuensi tersebut, maka histogram frekuensi data minat belajar adalah :
 









Dengan jasa komputer SPS diperoleh mean (M) 82,97 dan Simpangan Baku (SD) 8,9294
Berdasarkan pengambilan keputusan secara deskriptif, maka kategori minat belajar siswa kelas II SMA PGRI Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005 adalah sebagai berikut
Tabel 12
Kategori Minat Belajar
Interval
Jumlah Siswa
Prosentase
Kategori
20 – 47
0
0,0
Rendah
48 – 73
3
7,9
Sedang
74 – 100
35
92,1
Tinggi
Total
38
100


Berdasarkan table di atas dapat dikategorikan bahwa minat belajar adalah tinggi 92,1 %, dengan jumlah responden 35 siswa, sedang yaitu 7,9 % dengan jumlah responden 3 siswa, jadi dapat disimpulkan bahwa minat belajar siswa rata-rata berada dalam kategori tinggi.
3.      Variabel Prestasi Belajar
Data tentang Prestasi Belajar siswa dalam penelitian ini diperoleh dari dokumen nilai semester genap siswa kelas II SMA PGRI Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005.  Berdasarkan data induk penelitian diperoleh skor terendah 6 dan skor tertinggi 8,5. Distribusi frekuensi skor prestasi belajar siswa dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 13
Distribusi Frekuensi Skor Variabel Prestasi Belajar Siswa
Interval
Frek ABS
Frek Rek
F. Kum
F. Kum Relatif 100%
6.0 – 6,4
1
3
1
3
6,5 – 6,9
2
5
3
8
7,0 – 7,4
5
13
8
21
7,5 – 7,9
12
32
20
53
8,0 – 8,4
12
32
32
84
8,5 – 8,9
6
16
38
100
Jumlah
38
100




Berdasarkan tabel tersebut, maka bila digambarkan dalam bentuk  histogram akan terlihat seperti pada gambar di bawah ini :
 




Dengan jasa komputer SPS diperoleh data mean (M) 7,6579 dan simpangan baku (SD) 6052..
Berdasarkan pengambilan keputusan secara deskiptif, maka kategori Prestasi Belajar siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun Pelajaran 2004 / 2005 adalah sebagai berikut :
Tabel 14
Kategori Prestasi Belajar Siswa
Interval
Jumlah Siswa
Prosentase
Kategori
6,0 – 7,4
8
21,1
Rendah
7,5 – 8,4
24
63,1
Sedang
8,5 – 8,9
6
15,8
Tinggi
Total
38
100


Berdasarkan tabel di atas dapat dikategorikan bahwa Prestasi Belajar siswa adalah Sedang yaitu 63,1 % dengan jumlah responden 24 siswa, Rendah 21,1 % dengan jumlah responden 8 siswa dan Tinggi 15,8 % dengan jumlah responden 6 siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa Prestasi Belajar Siswa rata-rata berada dalam kategori sedang.

J.      Penyajian Persyaratan Analisis
Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yaitu untuk mencari hubungan antara Variabel bebas dengan Variabel terikat. Sebelum dilakukan uji hipotesis dengan teknik analisis regresi ganda yang digunakan. Maka ada persyaratan yang harus dipenuhi yaitu :
1). Sampel diambil secara random. 2). Distribusi skor harus normal. 3). Hubungan anatara variabel bebas dengan variabel terikatnya harus linier dan tidak terjadi multikolinier.
Persyaratan pertama telah terpenuhi karena sample dalam penelitian ini diambil dengan teknik proporsional eluster ramdom sampling. Untuk memenuhi uji persyaratan yang ke dua dan ketiga dapat diuraikan sebagai berikut :
1.      Uji Normalitas
Tujuan diadakan uji normalitas adalah untuk mengetahui kondisi masing-masing variabel penelitian, apakah variabel tersebut mempunyai skor yang terdistribusi normal atau tidak . Adapun teknik yang digunakan dalam uji normalitas ini adalah chi-kuadrat  ( X2 ). Untuk menguji signifikan  chi-kuadrat hasil perhitungan pada penelitian  ini menggunakan taraf  signifikan 5 %. Interprestasi hasil uji normalitas adalah jika harga Chi – Kuadrat lebih kecil dari harga Chi – kuadrat dalam table / p < 0,05, maka distribusi skornya normal, demikian juga sebaliknya.
Setelah dilakukan analisis dengan bantuan SPS edisi Sutrisno Hadi dan Yuni Pamardiningsih Versi IBM / IN harga Chi – kuadrat masing-masing variabel dalam penelitian ini akan disajikan pada table 15.
Tabel 15
Rangkuman Hasil Uji Normalitas  Distribusi
Variabel
X1(hit)
X2tab 5%
Keterangan
Perhatian Orang Tua ( X1 )
6.8744
7,81
Normal
Minat Belajar ( X2 )
6.1390
7,81
Normal
Prestasi Belajar Siswa ( Y )
7.5063
7,81
Normal

Dilihat dari tabel di atas menunjukan bahwa chi-kuadrat ( X2 ) hasil hitung dari-masing-masing variabel berada di bawah daerah penolakan yang telah ditentukan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebaran dari ketiga variabel penelitian adalah normal. Adapun hasil uji normalitas dapat dilihat pada lampiran.
2.      Uji Linieritas
Tujuan uji linieritas adalah untuk mengetahui apakah hubungan antara masing-masing variabel bebas dan variabel terikat bersifat linier. Untuk menguji hubungan antara variabel bebas  dan veriabel terikat menggunakan signifikan F.
a.       Uji Linieritas hubungan antara pengaruh perhatian orang tua  dengan prestasi belajar siswa
Hubungan antara pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar  siswa setelah dianalisis menggunakan  analisis regresi sederhana diperoleh konstonta instersep (  ) = 6,030 dan haraga koefisien regresinya  (  ) =2,635. Dengan demikian persamaan garis regresinya adalah Y =6,030+2,635
Untuk mengetahui itu benar-benar linier atau tidak perlu diuji linieritas regresinya. Dengan bantuan komputer program SPS dapat diketahui F hitung 11,623 sedangkan F tabel pada taraf signifikan 5 % adalah 3,05. Jadi F hitung =11,623>3,05 maka terjadi hubungan linieritas.
b.      Uji Linieritas Antara Minat Belajar Dengan Prestai Belajar Siswa
Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan komputer diperoleh  F hitung sebesar 14,206 dengan db 1:150 dan TS 5 %. F tabel menunjukan 3,05 sehingga F hitung lebih dari F tabel (14,206>3,05) Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 10 halaman ...... Berdasarkan perhitungan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel minat belajar ( X2 ) dengan prestasi belajar siswa ( X ) mempunyai hubungan yang linier.



K.    Pengujian Hipotesis
Hipotesis merupakan jawaban sementara atas masalah yang harus diuji kebenarannya. Hipotesis terdiri dari dua macam, yaitu hipotesis Nihil      ( Ho) yaitu hipotesis yang menyatakan tidak ada hubungan antara variabel satu dengan variabel lainnya, dan hipotesis Alternatife ( Ha ) yaitu hipotesis yang menyatakan ada hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya.
a.       Uji Hipotesis Pertama
Hipotesis alternatife berbunyi : “Ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005”. Untuk keperluan pengajuan hipotesis, maka hipotesis alternatife tersebut harus diubah menjadi hipotesis nihil yang berbunyi :” tidak ada hubungan yang positif antara pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005.
Hasil analisis korelasi product moment antara variabel pengaruh perhatian orang tua dengan prestasi belajar belajar siswa (rX1Y) sebesar …….( Lampiran II halaman…….). Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan dengan harga koefisien korelasi pada r tabel dengan taraf signifikan 5 % dan N = 38 adalah 0,320. Hasil tersebut menunjukkan bahwa harga r hitung (rh) lebih besar dari r tabel (rt) atau 0,381 > 0,320. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil tersebut adalah hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi :” ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005” diterima pada taraf signifikan 5 %.
b.      Uji Hipotesis ke dua
Hipotesis alternatife berbunyi : “ Adanya hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan”. Untuk keperluan ini pengajuan hipotesis maka hipotesis alternatife tersebut harus diubah menjadi hipotesis nihil yang berbunyi :” tidak ada hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005.
Hasil analisis korelasi product moment antara variabel minat belajar dengan prestasi belajar siswa ( rX2Y ) sebesar 0,532 (lampiran 11 halaman …). Hasil perhitungan tersebut dikonsultasikan dengan harga koefisien pada r tabel dengan taraf signifikan 5 % N = 38 adalah 0,305. Hasil tersebut menunjukkan bahwa harga r hitung (rh) lebih besar dari r tabel (rt) atau 0,532> 0,305. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil tersebut adalah hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi “ Adanya hubungan yang positif antara minat belajar dengan prestasi belajr siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005” diterima pada taraf signifikan 5 %.

c.       Uji Hipotesis ke tiga
Hipotesis alternatife berbunyi : “ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005”. Untuk keperluan pengajuan hipotesis maka hipotesis alternatife tersebut harus diubah menjadi hipotesis nihil yang berbunyi : “tidak ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005”.
Besarnya koefisien antara Variabel bebas secara bersama sama dengan variabel terikat diketahui dengan menggunakan analisis regresi. Tujuannya adalah untuk memprediksi atau meramalkan kedudukan variabel terikat apabila dilihat dari pengaruh variabel bebasnya. Berdasarkan analisis data yang diperoleh harga sebesar Ry (1,2) =0,618 koefisien determinan (R2) = 0,381 dan Freg hitung = 10,786 Hasil F hitung ini kemudian dikonsultasikan dengan F tabel pada taraf signifikan 5 % dengan db = 2:150 = 3,05 Perhitungan selengkapnya dapat dilihat pada lampiran 11 halaman …….. Derdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa harga F hitung lebih besar dari F tabel (10,786>3,05 sehingga harga F hitung signifikan. Kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil di atas adalah hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatife (Ha) yang berbunyi : “ada hubungan yang positif antara intensitas perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005” diterima pada taraf signifikan 5 %. Rangkuman hasil analisis regresi ganda dapat dilihat pada tabel berikut :
Tabel 16. Rangkuman Hasil Analisis Regresi Ganda
Sumber
JK
Db
R2(2)
F
Regresi
5,168
2
42.427
10.786
Residu
8,385
35
-

Total
13,553
37
-


Hasil perhitungan koefisien determinan (R2) = 0,381, ini dapat diartikan bahwa :38,1%  variabel prestasi belajar siswa dapat diterangkan oleh variabel perhatian orang tua dan minat belajar. Hal ini berarti ada sejumlah 619% yang tidak dapat dijelaskan pada penelitian ini yang berasal dari faktor lain. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh harga O =4,211, 1 =0,340, dan 2 =0,401, sehingga dapat ditarik persamaan garis regresinya adalah :
Y = 4,211 + 0,340 X1+ 0,401 X2
Berdasarkan analisis diketahui pula bobot sumbangan masing-masing variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil selengkapnya dapat dilihat pada tabel 16 halaman .............


Tabel 17. Bobot Sumbangan Masing-masing Variabel Bebas
Variabel
Sumbangan Relatif %
Sumbangan efektif %
X1
18,8214
49,4%
X2
20,2692
53,2%
Total
39,0906
102,6%

L.     Pembahasan Hasil Penelitian
1.      Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dengan Prestasi Belajar Siswa
Berdasarkan pada pengajuan hipotesis pertama didapatkan hubungan positif dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005. Dari hasil  analisis tersebut dapat digunakan untuk memprediksi bahwa semakin baik perhatian orang tua maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa. Hal ini didukung oleh sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa. = 49,4%
Hasil tersebut menunjukkan bahwa perhatian orang tua dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan dengan adanya perhatian orang tua maka siswa akan memiliki pemahaman diri sehingga mempunyai kepercayaan terhadap kemampuan sendiri serta memiliki pemahaman terhadap cara-cara belajar dan kemampuan menimbulkan minat sehingga siswa memiliki visi atau pandangan yang cukup baik kemasa depan, serta berinisiatif untuk mengembangkan potensinya.

2.      Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa
Berdasarkan pada pengajuan hipotesis kedua didapatkan hubungan positif dan signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005. Hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk memprediksi bahwa semakin baik minat belajar yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula pencapaian prestasi belajar siswa. Hal ini didukung oleh sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 53,2%
Hasil tersebut menunjukkan bahwa minat belajar yang dimiliki siswa akan sangat membantu untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Hal ini disebabkan minat belajar akan mampu mendorong siswa memiliki sikap, tanggung jawab, berkemauan keras, tidak minder, serta percaya diri untuk mengembangkan potensinya sebagai bekal belajar mandiri.
3.      Hubungan Antara Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa
Berdasarkan pada pengujian hipotesis ketiga didapatkan hubungan positif dan signifikan antara Perhatian orang tua dan minat belajar dengan prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan tahun Pelajaran 2004 / 2005.
Bobot sumbangan efektif pada masing-masing variabel bebas terhadap terikatnya adalah 49,4%, dari variabel perhatian orang tua dan 53,2% dari variabel minat belajar. Jadi kedua variabel bebas tersebut memberi sumbangan efektif secara bersama-sama terhadap variabel terikat sebesar 102,6%.
Berdasarkan pembahasan ini dapat disimpulkan bahwa dengan adanya perhatian orang tua yang kontinyu dan didukung minat belajar yang dimiliki siswa cukup tinggi akan mempengaruhi prestasi belajar siswa pada siswa kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005


BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
F.      Kesimpulan
Berdasarkan  hasil analisa dan pengujian hipotesis serta pembahasan, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
1.      Perhatian orang tua mempunya hubungan yang positip dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pilihan program IPA kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2004/2005. Hal ini berarti bahwa semakin baik atau positip perhatian orang tua maka akan semakin tinggi prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa dan begitu pula sebaliknya.
2.      Minat belajar mempunyai hubungan yang positip dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pilihan program IPA kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2004/2005. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi minat belajar yang dimiliki siswa maka semakin tinggi pula prestasi belajar pada siswa, karena siswa secara tidak langsung telah mempunyai kepercayaan akan kemampuan dirinya untuk memberikan dorongan/motivator, demikian pula sebaliknya.
3.      Perhatian orang tua, dan minat belajar mempunyai hubungan yang positip dan signifikan dengan prestasi belajar siswa pilihan program IPA kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2004/2005. Hal ini berarti bahwa semakin baik atau positip perhatian orang tua dan minat belajar yang dimiliki oleh siswa semakin tinggi pula prestasi belajar siswa tersebut, demikian pula sebaliknya.
4.      Berdasarkan analisis regresi diketahui sumbangan efektif perhatian orang tua sebesar 49,4 % dan sumbangan efektif minat belajar sebesar 53,2 % Faktor perhatian orang tua dan minat belajar secara bersama-sama dapat memberikan sumbangan efektif terhadap minat belajar sebesar 42,2%. Dari hasil ini dapat diketahui bahwa faktor perhatian orang tua dan minat belajar mempunyai peranan penting dalam meningkatkan prestasi belajar para siswa.

G.    Implikasi
Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat dikemukakan implikasi sebagai berikut :
1.      Adanya Pengaruh positip dan signifikan antara perhatian orang tua dengan prestasi belajar siswa, hal ini memberikan petunjuk kepada guru pembimbing untuk lebih meningkatkan hubungan dengan orang tua. Dengan perhatian orang tua akan menkadikan siswa lebih memahami diri sehingga siswa percaya terhadap kemampuannya serta siswa lebih memahami cara-cara belajar yang baik , bagaimana mendorong/menimbulkan minat pada dirinya untuk meraih dan meningkatkan prestasi belajar di sekolah.
2.      Adanya Pengaruh positip signifikan antara minat belajar dengan prestasi belajar siswa. Hal ini memberikan petunjuk kepada siswa untuk meningkatkan minat belajar  yang dapat digunakan untuk mencapai prestasi belajar dalam meniti karir dimasa depan setelah lulus dari sekolah. Dengan minat belajar yang dimiliki siswa akan menjadikan siswa lebih percaya diri dalam meraih cita-citanya dan pemilihan program atau jurusan yaitu IPA dan IPS sesuai dengan kemampuan dan ketrampilan belajar yang dimiliki. Hasil penelitian ini juga dapat dijadikan acuan untuk meningkatkan mutu pembelajaran yang  berkaitan dengan prestasi belajar. Pengelolaan sumber-sumber belajar, misalnya guru bidang studi bekerjasama dengan kepala sekolah dan guru pembimbing dalam mendatangkan nara sumber untuk berceramah. Jadi siswa dapat memadukan teori yang di dapat di sekolah dengan praktek yang sesungguhnya di lapangan/masyarakat.

H.    Saran
Mengingat pentingnya faktor perhatian orang tua dan faktor minat belajar untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, maka :
1.      Bagi Siswa
Siswa hendaknya lebih meningkatkan prestasi belajar yang dilaksanakan oleh sekolah serta dapat meningkatkan terhadap penguasaan materi pelajaran, dan ketrampilan-ketrampilan dalam memecahkan masalah, jangan mudah putus asa untuk mencapai cita-cita dimasa depan.

2.      Bagi Guru Pembimbing
Guru pembimbing agar lebih meningkatkan dalam memberikan layanan pembelajaran di sekolah, misalnya memberikan materi yang menarik seperti kiat sukses dalam belajar dan juga memberikan simulasi- simulasi yang dapat membangkitkan minat siswa untuk dapat mencapai prestasi yang optimal.

3.      Bagi Guru Bidang Studi
Dalam meningkatkan mutu pendidikan dan kelancaran proses belajar  mengajar seorang pendidik hendaknya ikut aktif dalam membantu memberikan informasi tentang bagaimana menimbulkan minat, belajar yang sukses, cara mencapai prestasi yang optimal. Guru bidang studi dapat bekerjasama dengan guru pembimbing untuk menemukan siswa yang mengalami kesulitan belajar di sekolah.

4.      Bagi Kepala Sekolah
Pihak sekolah agar melengkapi sarana prasarana bimbingan konseling, bekerjasama dengan instansi lain, misalnya dalam alih tangan kasus kepada yang lebih professional dalam penanganan-penanganan lebih lanjut.

5.      Bagi Orang Tua
Orang tua hendaknya senantiasa memperhatikan dan mengembangkan sikap belajar anaknya kearah yang lebih baik, dengan selalu membina hubungan yang harmonis dengan anaknya, artinya orang tua harus mengerti dan memahami perbedaan individu maupun potensi yang dimiliki anaknya.

I.       Keterbatasan Penelitian
Bagian ini akan mengemukakan mengenai keterbatasan penelitian yang tidak terjangkau baik dalam pengalaman, tenaga, waktu, dan kemampuan penelitian. Keterbatasan yang ada dalam penelitian ini anatara lain :
Penelitian ini rencananya diberikan untuk siswa kelas III pilihan program Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA ) karena dikelas III ada ujian kompetensi dan praktek dari kelas I sampai kelas III, dan pada bulan Juni sampai dengan Juli siswa kelas III sudah tamat, sehingga dipilihlah kelas II yang lebih matang dan mendekati pilihan program atau penjurusan ke kelas III. Mengingat masalah prestasi belajar siswa cukup penting  untuk diketahui dalam rangka untuk memantau efektifitas dan efisiensi proses belajar mengajar yang harus dimiliki semua siswa dari pilihan program / jurusan apapun.
DAFTAR PUSTAKA
Robert Gague, 1988, Prinsip-prinsip Belajar Untuk Pengajaran di Sekolah, Surabaya : Usaha Nasional
Slaneto, 1988, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta : PT. Bina Aksara
Suharsini Arikunto, 1989, Prosedur Penelitian, Jakarta : Bina Aksara
Sutrisno Hadi, 1987, Metodologi Reseach II, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM.
_________,  1989, Statistik II, Yogyakarta : Andi Offset
_________, 1990, Metodologi Reseach III, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM
_________, 1993, Statistik III, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM
_________, 1994, Metodologi Reseach II, Yogyakarta : Yayasan Penerbit Fakultas Psikologi UGM
Thomas Gordon, 1983, Menjadi Orang Tua Efektif, Jakarta : PT. Gramedia
Winkel W. S. 1983, Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah, Jakarta : PT. Gramedia.
Zainal Mustofa, 1991, Prosedur Penelitian, Jakarta : CV. Persada










PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA.
(Penelitian Yang Dikhususkan Pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005)

ups tegal mayis 2









S K R I P S I
Diajukan Dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata I
Untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan


Oleh :

Nama           :  MAYIS CASDARI
NPM            :  1104500677
Progdi          :  Bimbingan dan Konseling




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
2005
LEMBAR PERSETUJUAN
Kami selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dari Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal :
Nama                                                :     MAYIS CASDARI
NPM                                                :     -
Judul Skripsi                                    :     PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
                                                               (Penelitian Yang Dikhususkan Pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI
                                                               2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2004/2005 )
Dengan ini menyatakan bahwa  skripsi yang dibuat oleh  mahasiswa tersebut di atas telah selesai dan siap diujikan

                                                                                       Tegal,    Juli 2005

         Pembimbing I                                                                 Pembimbing II


         Dra. Hj. Sitti Hartinah DS., MM.                                  Suriswo, S.Pd., M.Pd.
         NIP.                                                                               NIYP : 12951631967



HALAMAN PENGESAHAN
Telah dipertahankan di hadapan Sidang Dewan Penguji  Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Pada Hari                 : Jum’at
Tanggal                    : 29 Juli 2005

Dewan Penguji
                   Ketua                                                                             Sekretaris

Drs.Yayat Hidayat Amir, M.Pd                                               Drs. Sukoco, KW
NIPY. 8524051955                                                                     NIP.131 470 264

Anggota Penguji :
Penguji I
Drs. Soebianto, M.Pd.                                        (..........................................)
NIP. 131106783

Penguji II
Suriswo, S.Pd. M.Pd.                                          (..........................................)
NIPY. 12951631967

Penguji III
Dra. Hj. Sitti Hartinah. DS, M.M.                     (..........................................)
NIP. 130 937444
Mengesahkan :
Dekan,

SUGITO, S.H.
NIP. 130 936763
MOTTO

1.            Sebaik-baik orang yang boleh kamu pekerjakan adalah yang  punya kemampuan  ( Profesionalitas, Al- Qowiyyu ) dan bisa dipercaya.
( QS. AL-Qoshash ; 26 )
2.            Dan Hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang yang beruntung
( Q.S : Ali-Imron ; 108 )
3.            Kita harus belajar untuk tenang di tengah kesibukan dan untuk menjadi hidup secara aktif di tengah ketenangan.
















PERSEMBAHAN









Karya tulis ini penulis persembahkan kepada :
1).          Endang Suharti Malikhatussolikhah, S.Pd., Istri tercinta
2).          Keluarga Besar SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
3).          Mas Didik dan rekan yang selalu memberikan dorongan
4).          Almamater UPS Tegal
5).          Para Pembaca Yang Budiman







KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan skripsi ini. Skripsi dengan judul :“PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Penelitian Yang Dikhususkan Pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004 / 2005 )”. Ini disusun guna memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan studi program S1 pada program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Penyusun menyadari bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, skripsi ini tidak akan terselesaikan. Oleh karena itu pada kesempatan ini perkenankan penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
1.      Rektor UPS  Tegal yang telah memberikan ijin penelitian
2.      Dekan FKIP UPS yang telah memberikan ijin penelitian
3.      Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling yang telah memberikan ijin penelitian
4.      Dra. Hj. Sitti Hartinah DS., MM selaku dosen pembimbing I dan Bp. Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing II yang telah dengan sabar dan meluangkan waktu dalam memberikan bimbingan serta mengarahkan selama penyusunan skripsi ini.
5.      Bapak Drs. Rissa Sumarstyanto, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA PGRI 2 Kajen  Pekalongan yang telah memberikan ijin penelitian
6.      Bapak/Ibu Guru Pembimbing dan Karyawan SMA PGRI 2 Kajen  Pekalongan yang telah membantu dalam pengambilan data.
7.      Siswa-siswi kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005 yang telah memberikan data yang penyusun butuhkan.
8.      Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan selama penyusunan skripsi ini.
Semoga amal baik bapak, ibu dan saudara mendapat imbalan yang layak dari Allah SWT. Penyusun menyadari skripsi ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu kekurangan dalam penelitian ini dapat disempurnakan oleh peneliti selanjutnya. Mudah-mudahan skripsi ini dapat bermanfaat bagi penyusun sendiri, bagi pembaca dan dapat menunjang pengembangan ilmu pendidikan.


                                                         Tegal,          Juli  2005

                                                         Penyusun





DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ ....... ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................... iii
HALAMAN MOTTO............................................................................................ iv
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................................. v
KATA PENGANTAR........................................................................................... vi
ABSTRAK........................................................................................................... viii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ix
DAFTAR TABEL.................................................................................................. xi
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ xii
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ xiii
BAB  I      PENDAHULUAN................................................................................ 1
                  A. Latar Belakang Masalah.................................................................... 1
                  B. Definisi Operasional.......................................................................... 9
                  C. Identifikasi Masalah........................................................................ 11
                  D. Permasalahan dan Rumusan Masalah........................................ ..... 12
                  E. Tujuan Penelitian............................................................................. 13
                  F. Manfaat Penelitian........................................................................... 13
                  G. Sistematika Skripsi.......................................................................... 14
BAB  II     LANDASAN TEORI DAN HIPOTESA..................................... ..... 17
A.    Tinjauan Tentang Perhatian Orang Tua.......................................... 17
B.     Tinjauan terhadap Masalah Minat Belajar................................ ..... 31
C.     Tinjauan Terhadap Masalah Prestasi Belajar.................................. 39
D.    Kerangka Berfikir.......................................................................... 51
E.     Pengujian Hipotesis........................................................................ 55
BAB  III   METODOLOGI PENELITIAN......................................................... 56
A.    Metode Penentuan Subyek Penelitian........................................... 57
B.     Metode Pengumpulan Data........................................................... 65
C.     Instrumen Penelitian...................................................................... 71
D.    Teknik Analisis Data...................................................................... 77
BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN........................... ..... 84
A.    Persiapan Penelitian....................................................................... 84
B.     Pelaksanaan Penelitian................................................................... 86
C.     Pengumpulan Data dan Penyajian Data......................................... 88
D.    Penyajian Persyaratan Analisis....................................................... 95
E.     Pengajuan Hipotesis....................................................................... 98
F.      Pembahasan Hasil Penelitian........................................................ 102
BAB  V     KESIMPULAN DAN SARAN ................................................... ... 105
A.    Kesimpulan.................................................................................. 105
B.     Saran............................................................................................ 107
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 108















DAFTAR TABEL
                                                                                                                          Halaman
 Tabel  01  Distribusi Siswa Kelas II SMA PGRI 2 Kajen  Pekalongan
                  Tahun Pelajaran.................................................................................... 59
            02  Distribusi Pengambilan Sampel............................................................ 63
            03  Kisi-kisi Variabel Minat Belajar........................................................... 77
            04  Ringkasan Hasil Uji Coba Reliabilitas Instrumen................................ 88
            05  Kisi-kisi Instrumen Variabel Pengaruh Perhatian Orang Tua.............. 89
            06  Distribusi Frekuensi Data  Perhatian Orang Tua ................................. 90
            07  Kategori Perhatian Orang Tua............................................................. 91
            08  Distribusi Frekuensi Data  Minat Belajar............................................. 92
            09  Kategori Minat Belajar......................................................................... 93
            10  Distribusi Frekuensi Skor Variabel Prestasi Belajar Siswa.................. 94
            11  Kategori Prestasi Belajar Siswa........................................................... 95
            12  Rangkuman Hasil Uji Normalitas Distribusi........................................ 96
            13  Rangkuman Hasil Analisis Regresi Ganda........................................ 101
            14  Bobot Sumbangan Masing-masing Variabel Bebas........................ ... 102





DAFTAR GAMBAR
                                                                                                                         Halaman
Gambar  1.   Proses Terbentuknya Minat............................................................... 36
               2.   Paradigma Penelitian......................................................................... 54
               3.   Histogram Distribusi Frekuensi
                     Sektor Variabel Perhatian Orang Tua............................................... 90
               4.   Histogram Distribusi Frekuensi
                     Sektor Variabel Minat Belajar........................................................... 92
               5.   Histogram Distribusi Frekuensi
                     Sektor Variabel Prestasi Belajar Siswa........................................ ..... 94

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran   01. Data Hasil Uji Coba..................................................................... 112
02.  Data Hasil Penelitian.................................................................... 113
03.  Daftar Populasi ........................................................................     120
04.  Daftar Sampel.............................................................................. 121
05.  Analisis Validitas dan Reabilitas................................................. 122
06.  Angket  Siswa.............................................................................. 124
07.  Tabel Nilai  r Product Moment.................................................... 129
08.  Tabel Nilai F................................................................................. 130
09.  Tabel Nilai Chi-kuadrat................................................................ 131
10.  Perhitungan Uji Linieritas............................................................ 132
11.  Perhitungan Uji Normalitas.......................................................... 134
12.  Perhitungan Uji Homogenitas .................................................     135
13.  Perhitungan Uji ANAVA............................................................ 137
14.  Perhitungan Analisis Instrumen................................................... 138
15.  Ijin Penelitian............................................................................... 142
16.  Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian....................... 143


PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA.
(Penelitian Yang Dikhususkan Pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005)

ups tegal mayis 2









S K R I P S I
Diajukan Dalam Rangka Penyelesaian Studi Strata I
Untuk Mencapai Gelar Sarjana Pendidikan


Oleh :

Nama           :  MAYIS CASDARI
NPM            :  1104500677
Progdi          :  Bimbingan dan Konseling




FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL
2005
LEMBAR PERSETUJUAN
Kami selaku Pembimbing I dan Pembimbing II dari Mahasiswa Universitas Pancasakti Tegal :
Nama                                                :     MAYIS CASDARI
NPM                                                :     -
Judul Skripsi                                    :     PENGARUH PERHATIAN ORANGTUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA
                                                               (Penelitian Yang Dikhususkan Pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI
                                                               2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Ajaran 2004/2005 )
Dengan ini menyatakan bahwa  skripsi yang dibuat oleh  mahasiswa tersebut di atas telah selesai dan siap diujikan

                                                                                       Tegal,    Juli 2005

         Pembimbing I                                                                 Pembimbing II



         Dra. Hj. Sitti Hartinah DS., MM.                                  Suriswo, S.Pd., M.Pd.
         NIP.                                                                               NIYP : 12951631967

HALAMAN PENGESAHAN
Telah dipertahankan di hadapan Sidang Dewan Penguji  Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal
Pada Hari                 : Jum’at
Tanggal                    : 29 Juli 2005

Dewan Penguji
                   Ketua                                                                             Sekretaris

Drs.Yayat Hidayat Amir, M.Pd                                               Drs. Sukoco, KW
NIPY. 8524051955                                                                     NIP.131 470 264

Anggota Penguji :
Penguji I
Drs. Soebianto, M.Pd.                                        (..........................................)
NIP. 131106783

Penguji II
Suriswo, S.Pd. M.Pd.                                          (..........................................)
NIPY. 12951631967

Penguji III
Dra. Hj. Sitti Hartinah. DS, M.M.                     (..........................................)
NIP. 130 937444
Mengesahkan :
Dekan,


SUGITO, S.H.
NIP. 130 936763
MOTTO

4.            Sebaik-baik orang yang boleh kamu pekerjakan adalah yang  punya kemampuan  ( Profesionalitas, Al- Qowiyyu ) dan bisa dipercaya.
( QS. AL-Qoshash ; 26 )
5.            Dan Hendaklah ada diantara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang mungkar. Merekalah orang-orang yang beruntung
( Q.S : Ali-Imron ; 108 )
6.            Kita harus belajar untuk tenang di tengah kesibukan dan untuk menjadi hidup secara aktif di tengah ketenangan.
















PERSEMBAHAN









Karya tulis ini penulis persembahkan kepada :
6).          Endang Suharti Malikhatussolikhah, S.Pd., Istri tercinta
7).          Keluarga Besar SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan
8).          Mas Didik dan rekan yang selalu memberikan dorongan
9).          Almamater UPS Tegal
10).      Para Pembaca Yang Budiman


KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahNya, sehingga penyusun dapat menyelesaikan skripsi ini. Skripsi dengan judul :“PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN MINAT BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA ( Penelitian Yang Dikhususkan Pada Prestasi Belajar Pilihan Program Ilmu Pengetahuan Alam Kelas II SMA PGRI 2 Kajen Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004 / 2005 )”. Ini disusun guna memenuhi persyaratan dalam menyelesaikan studi program S1 pada program studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Penyusun menyadari bahwa tanpa bantuan dari berbagai pihak, skripsi ini tidak akan terselesaikan. Oleh karena itu pada kesempatan ini perkenankan penyusun mengucapkan terima kasih kepada :
9.      Rektor UPS  Tegal yang telah memberikan ijin penelitian
10.  Dekan FKIP UPS yang telah memberikan ijin penelitian
11.  Ketua Program Studi Bimbingan dan Konseling yang telah memberikan ijin penelitian
12.  Dra. Hj. Sitti Hartinah DS., MM selaku dosen pembimbing I dan Bp. Suriswo, S.Pd, M.Pd selaku dosen pembimbing II yang telah dengan sabar dan meluangkan waktu dalam memberikan bimbingan serta mengarahkan selama penyusunan skripsi ini.
13.  Bapak Drs. Rissa Sumarstyanto, M.Pd. selaku Kepala Sekolah SMA PGRI 2 Kajen  Pekalongan yang telah memberikan ijin penelitian
14.  Bapak/Ibu Guru Pembimbing dan Karyawan SMA PGRI 2 Kajen  Pekalongan yang telah membantu dalam pengambilan data.
15.  Siswa-siswi kelas II SMA PGRI 2 Kajen Pekalongan tahun pelajaran 2004 / 2005 yang telah memberikan data yang penyusun butuhkan.
16.  Semua pihak yang tidak dapat penyusun sebutkan satu persatu yang telah memberikan bantuan selama penyusunan skripsi ini.
Semoga amal baik bapak, ibu dan saudara mendapat imbalan yang layak dari Allah SWT. Penyusun menyadari skripsi ini masih jauh dari sempurna oleh karena itu kekurangan dalam penelitian ini dapat disempurnakan oleh peneliti selanjutnya. Mudah-mudahan skripsi ini dapat bermanfaat bagi penyusun sendiri, bagi pembaca dan dapat menunjang pengembangan ilmu pendidikan.


                                                         Tegal,          Juli  2005

                                                         Penyusun

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL............................................................................................... i
HALAMAN PERSETUJUAN........................................................................ ....... ii
HALAMAN PENGESAHAN............................................................................... iii
HALAMAN MOTTO............................................................................................ iv
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................................. v
KATA PENGANTAR........................................................................................... vi
ABSTRAK........................................................................................................... viii
DAFTAR ISI.......................................................................................................... ix
DAFTAR TABEL.................................................................................................. xi
DAFTAR GAMBAR............................................................................................ xii
DAFTAR LAMPIRAN........................................................................................ xiii
BAB  I      PENDAHULUAN................................................................................ 1
                  A. Latar Belakang Masalah.................................................................... 1
                  B. Definisi Operasional.......................................................................... 9
                  C. Identifikasi Masalah........................................................................ 11
                  D. Permasalahan dan Rumusan Masalah........................................ ..... 12
                  E. Tujuan Penelitian............................................................................. 13
                  F. Manfaat Penelitian........................................................................... 13
                  G. Sistematika Skripsi.......................................................................... 14
BAB  II     LANDASAN TEORI DAN HIPOTESA..................................... ..... 17
F.      Tinjauan Tentang Perhatian Orang Tua.......................................... 17
G.    Tinjauan terhadap Masalah Minat Belajar................................ ..... 31
H.    Tinjauan Terhadap Masalah Prestasi Belajar.................................. 39
I.       Kerangka Berfikir.......................................................................... 51
J.       Pengujian Hipotesis........................................................................ 55
BAB  III   METODOLOGI PENELITIAN......................................................... 56
E.     Metode Penentuan Subyek Penelitian........................................... 57
F.      Metode Pengumpulan Data........................................................... 65
G.    Instrumen Penelitian...................................................................... 71
H.    Teknik Analisis Data...................................................................... 77
BAB  IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN........................... ..... 84
G.    Persiapan Penelitian....................................................................... 84
H.    Pelaksanaan Penelitian................................................................... 86
I.       Pengumpulan Data dan Penyajian Data......................................... 88
J.       Penyajian Persyaratan Analisis....................................................... 95
K.    Pengajuan Hipotesis....................................................................... 98
L.     Pembahasan Hasil Penelitian........................................................ 102
BAB  V     KESIMPULAN DAN SARAN ................................................... ... 105
C.     Kesimpulan.................................................................................. 105
D.    Saran............................................................................................ 107
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 108

DAFTAR TABEL
                                                                                                                          Halaman
 Tabel  01  Distribusi Siswa Kelas II SMA PGRI 2 Kajen  Pekalongan
                  Tahun Pelajaran.................................................................................... 59
            02  Distribusi Pengambilan Sampel............................................................ 63
            03  Kisi-kisi Variabel Minat Belajar........................................................... 77
            04  Ringkasan Hasil Uji Coba Reliabilitas Instrumen................................ 88
            05  Kisi-kisi Instrumen Variabel Pengaruh Perhatian Orang Tua.............. 89
            06  Distribusi Frekuensi Data  Perhatian Orang Tua ................................. 90
            07  Kategori Perhatian Orang Tua............................................................. 91
            08  Distribusi Frekuensi Data  Minat Belajar............................................. 92
            09  Kategori Minat Belajar......................................................................... 93
            10  Distribusi Frekuensi Skor Variabel Prestasi Belajar Siswa.................. 94
            11  Kategori Prestasi Belajar Siswa........................................................... 95
            12  Rangkuman Hasil Uji Normalitas Distribusi........................................ 96
            13  Rangkuman Hasil Analisis Regresi Ganda........................................ 101
            14  Bobot Sumbangan Masing-masing Variabel Bebas........................ ... 102

DAFTAR GAMBAR
                                                                                                                         Halaman
Gambar  1.   Proses Terbentuknya Minat............................................................... 36
               2.   Paradigma Penelitian......................................................................... 54
               3.   Histogram Distribusi Frekuensi
                     Sektor Variabel Perhatian Orang Tua............................................... 90
               4.   Histogram Distribusi Frekuensi
                     Sektor Variabel Minat Belajar........................................................... 92
               5.   Histogram Distribusi Frekuensi
                     Sektor Variabel Prestasi Belajar Siswa........................................ ....... 9

DAFTAR LAMPIRAN
Halaman
Lampiran   01. Data Hasil Uji Coba..................................................................... 112
02.  Data Hasil Penelitian.................................................................... 113
03.  Daftar Populasi ........................................................................     120
04.  Daftar Sampel.............................................................................. 121
05.  Analisis Validitas dan Reabilitas................................................. 122
06.  Angket  Siswa.............................................................................. 124
07.  Tabel Nilai  r Product Moment.................................................... 129
08.  Tabel Nilai F................................................................................. 130
09.  Tabel Nilai Chi-kuadrat................................................................ 131
10.  Perhitungan Uji Linieritas............................................................ 132
11.  Perhitungan Uji Normalitas.......................................................... 134
12.  Perhitungan Uji Homogenitas .................................................     135
13.  Perhitungan Uji ANAVA............................................................ 137
14.  Perhitungan Analisis Instrumen................................................... 138
15.  Ijin Penelitian............................................................................... 142
16.  Surat Keterangan Telah Melaksanakan Penelitian....................... 143















0 komentar:

Post a Comment

 

Pengikut

Copyright © ZONA SKRIPSI All Rights Reserved • Design by Dzignine
best suvaudi suvinfiniti suv